Koordinasi Dalam Pelayanan Publik Di Kabupaten Sidoarjo (Studi Pada Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT))

AdityaRachman (2009) Koordinasi Dalam Pelayanan Publik Di Kabupaten Sidoarjo (Studi Pada Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT)). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Otonomi daerah membawa perubahan pemerintahan yang mengarah pada model demokrasi. Artinya penyelenggaraan desentralisasi dan otonomi daerah menuntut partisipasi dan kemandirian masyarakat daerah (lokal) tanpa mengabaikan prinsip persatuan Negara bangsa. Salah satu kerangka otonomi daerah dalam organisasi pelayanan public adalah penyelenggaraan pelayanan public yang efektif, efisien dan ekonomis serta melalui cara-cara yang demokratis. Karena hal itu pemerintah mendirikan pelayanan satu atap, salah satunya yaitu Kantor Bersama SAMSAT (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap). KB. SAMSAT mengurusi keperluan yang menyangkut segala urusan kendaraan bermotor. Adapun SAMSAT merupakan kerjasama antara kepolisian, jasa raharja, dan pemerintah daerah, yang dalam hal ini adalah Dinas Pendapatan Daerah Propinsi. Oleh sebab itu, tiga instansi tersebut perlu berkoordinasi dalam memberikan pelayanan yang maksimal pada masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan dan menganalisa pelaksanaan koordinasi antar tiga instansi dalam Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Sidoarjo serts mendeskripsikan dan menganalisa faktor pendukung dan penghambat dalam koordinasi yang diselenggarakan di Kantor Bersama SAMSAT Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan datanya menggunakan interview, melakukan observasi dan mencari dokumen-dokumen yang terkait. Fokus dari penelitian ini antara lain: 1) pelaksanaan koordinasi yang terjalin antar instansi yang ada di kantor bersama SAMSAT (Kepolisian, Dinas Pendapatan dan PT. Jasa Raharja), meliputi : a) Struktur Organisasi, b) Aturan dan Prosedur, c) Sarana dan Prasarana dalam penyelenggaraan pelayanan publik, d) Pelaksanaan Koordinasi Internal dan Koordinasi Eksternal, e) Realisasi perolehan pendapatan PKB/BBNKB; 2) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan koordinasi, meliputi : a) faktor pendukung internal dan eksternal, b) faktor penghambat internal dan eksternal. Dari hasil penelitian dapat diperoleh hasil bahwa : 1) a) Struktur organisasi di Kantor Bersama SAMSAT Sidoarjo berkonsep Rantai Komando. b) Adanya aturan dan prosedur untuk mengatur pelayanan pada Kantor Bersama SAMSAT Sidoarjo. c) Sarana dan Prasarana di Kantor Bersama SAMSAT Sidoarjo yang lebih modern. d) Terdapat koordinasi vertikal struktural dan koordinasi horicontal dalam pelaksanaan koordinasi internal, dan pelaksanan koordinasi eksternal di Kantor Bersama SAMSAT telah berjalan dengan baik. e) Penerimaan pendapatan PKB dan BBNKB Kantor Bersama SAMSAT Sidoarjo telah mencapai target. 2) a) Faktor pendukung internal di SAMSAT Sidoarjo adalah petugas SAMSAT dapat berkoordinasi dengan baik, sedangkan faktor pendukung eksternal adalah respon masyarakat yang cukup baik dan sarana dan prasarana yang modern. b) Faktor penghambat internal di SAMSAT Sidoarjo adalah koordinasi antar instansi yang masih berdasar kaitan, sedangkan faktor penghambat eksternal adalah masih adanya calo/biro jasa Terkait dengan hal itu, saran yang diberikan yaitu Pelaksanaan koordinasi agar berjalan lebih efektif, prinsip fungsionalisasi perlu dijadikan landasan, salah satunya yaitu adanya pelembagaan dimana semua fungsi organisasi tertampung. Perlu pula melibatkan pihak/lembaga lain dalam hal pengawasan penyelenggaraan pelayanan pada Kantor Bersama SAMSAT. Dengan hal-hal tersebut diharapkan koordinasi antar instansi dapat terjaga sehingga berdampak pada terpenuhinya kepuasan masyarakat sebagai pengguna jasa SAMSAT.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/12/050900399
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 27 Feb 2009 09:37
Last Modified: 23 Oct 2021 09:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113964
[thumbnail of 050900399.pdf]
Preview
Text
050900399.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item