Pemanfaatan Manajemen Local Area Network (LAN) Dalam Upaya Optimalisasi Pelayanan Masyarakat : studi kasus Pada Kantor Pengolahan Data Elektronik Pemerintah Kota Malang

RioSatianto (2009) Pemanfaatan Manajemen Local Area Network (LAN) Dalam Upaya Optimalisasi Pelayanan Masyarakat : studi kasus Pada Kantor Pengolahan Data Elektronik Pemerintah Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada era globalisasi ini keberadaan komunikasi dalam penyebaran informasi disesuaikan dengan perkembangan jaman, teknologi, dan kebutuhan manusianya. Beberapa faktor penentu kualitas informasi adalah keakuratan informasi, kecepatan waktu, referensi, kemudahan serta ditunjang dengan pelayanan yang baik dari penyajian sebuah informasi tersebut. Berbagai perusahaan maupun instansi pemerintah telah memanfaatkan teknologi komputer untuk menghasilkan informasi yang akan digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan. Bagi sebuah badan pemerintah, kualitas informasi yang baik sangat dibutuhkan guna meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Akan tetapi, masih banyak juga organisasi baik pemerintah maupun swasta masih mengandalkan cara manual dalam penerimaan maupun penyampaian informasi kepada pihak-pihak yang bersangkutan, tetapi berkat inovasi dari para ahli TI, maka terciptalah jaringan komputer lokal atau LAN (Local Area Network) yang memungkinkan distribusi informasi antara satu tempat ke tempat yang lain dalam satu organisasi dapat ditangani dengan cepat dan relatif efektif. Saat ini jaringan komputer sangat kompleks dan kekompleksitas dari jaringan ini akan naik terus menerus. Pada jaringan, biasanya kita secara bertahap menambah atau mengganti peralatan yang ada dengan yang baru. Dengan perkembangan organisasi, jaringan pada organisasi tersebut juga ikut berkembang guna meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian " Pemanfaatan Manajemen Local Area Network ( LAN ) Dalam Upaya Optimalisasi Pelayanan Masyarakat (Studi kasus pada Kantor Pengolahan Data Elektronik (KPDE) Pemerintah Kota Malang) ". Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif denagn tujuan untuk menggambarkan suatu kasus yang ada secara mendetail dan selengkap mungkin untuk selanjutnya di analisa dan diberikan kesimpulan. Hasil penelitian ini akan menggambarkan secara sistematis, aktual, dan akurat tentang kinerja Kantor Pengolahan Data Elektronik (KPDE) Pemkot Malang khususnya berkaitan dengan pemanfaatan dan manajemen Local Area Network ( LAN ) untuk pelayanan masyarakat di Pemkot Malang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada pihak KPDE Pemkot Malang untuk lebih meningkatkan pelayanan pengaduan masyarakat. Selanjutnya, mengenai website Pemerintah Kota Malang alangkah lebih baik ditambahkan tampilan yang berisi jumlah rekapitulasi pelayanan informasi dalam periode tertentu melalui media internet.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/112/050901031
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 08 Apr 2009 10:28
Last Modified: 23 Oct 2021 09:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113957
[thumbnail of 050901031.pdf]
Preview
Text
050901031.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item