“Evaluasi Pengendalian Intern Atas Sistem Pengisian Kas Anjungan Tunai Mandiri : studi kasus Pada PT. Bank Rakyat Indnesia (Persero) Tbk. Cabang Malang Kawi

EvitaliaPuspitaDewi(0510323066) (2009) “Evaluasi Pengendalian Intern Atas Sistem Pengisian Kas Anjungan Tunai Mandiri : studi kasus Pada PT. Bank Rakyat Indnesia (Persero) Tbk. Cabang Malang Kawi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di dalam suatu perusahaan pengendalian intern yang cukup memadai hendaknya dapat memenuhi dan mencapai empat sasaran yang secara garis besar adalah untuk menjaga harta kekayaan perusahaan, untuk memeriksa ketelitian data akuntansi, untuk memenuhi kebijaksanaan manajemen serta memajukan efisisensi dalam operasi. Dengan demikian pengendalian intern cukup penting dalam kaitannya dengan operasi perusahaan dan kelangsungan hidup perusahaan. Sistem pengisian kas ATM pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Malang Kawi memiliki pengendalian intern yang cukup memadai meskipun terdapat kelemahan yang ada pada struktur organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah sistem pengisian Kas Anjungan Tunai Mandiri pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Malang Kawi sudah mendukung pengendalian intern yang ada. Dalam penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Adapun langkah-langkah yang dilakukan untuk memperoleh data dan informasi adalah dengan cara wawancara, dokumentasi, dan observasi. Dari langkah itu dilakukan analisa untuk mengetahui apakah sistempengisian kas pada Anjungan Tunai Mandiri pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Malang Kawi sudah mendukung pengendalian intern. Hasil dari enelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengisian kas Anjungan Tunai Mandiri pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Malang Kawi sudah mendukung pengendalian intern. Akan tetapi berdasarkan pada unsurunsur pengendalian intern yang baik, pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Malang Kawi masih memiliki beberapa kelemahan, antara lain adanya perangkapan beberapafungsi dengan alasan efisiensi. Hal ini seharusnya dihindari untuk mendukung pengendalian intern yang baik dengan cara penambahan karyawan pada bagian yang mengalami perangkapan jabatan. Hal ini dilakukan agar terhindar dari penyimpangan yang mungkin terjadi dalam proses penganbilan Kas ATM,pencatatan dan pengisian Kas ATM.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/109/050900996
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 01 Apr 2009 09:15
Last Modified: 23 Oct 2021 08:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113953
[thumbnail of 050900996.pdf]
Preview
Text
050900996.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item