Analisis Persaingan Usaha Antara Pasar Tradisional Dengan Pasar Modern Berdasarkan Peraturan Presiden No 112 Tahun 2007 Tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Mo

HusainMakhdum (2009) Analisis Persaingan Usaha Antara Pasar Tradisional Dengan Pasar Modern Berdasarkan Peraturan Presiden No 112 Tahun 2007 Tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Mo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan pasar modern semakin pesat dan keberadaannya cenderung mengancam keberadaan pasar tradisional. Kondisi persaingan usaha antara pasar tradisional dengan pasar modern di Kota Malang saat ini sudah mengarah pada persaingan yang tidak sehat, di mana pertumbuhan pasar modern semakin meningkat sementara pasar tradisional semakin terdesak. Pasar modern di Kota Malang sering ditemui berdekatan dengan pasar tradisional, bahkan ada yang berada dalam satu bangunan seperti di Pasar Besar, Matahari Departement Store, dan Foodmart.. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini pada kondisi riil persaingan pasar yang melibatkan para aktor dan memunculkan pihak yang diuntungkan dan dirugikan. Selanjutnya menganalisis isi dari Perpres No. 112 Tahun 2007 dan kemudian dianalis sesuai dengan kondisi pasar di Kota Malang. Sumber data diperoleh dari informan diantaranya pemerintah, pelaku pasar modern dan pasar tradisional serta konsumen. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara melalui bantuan quisoner. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa keberadaan Pasar Besar yang menyatu dengan Matahari Departement Store dan Foodmart cenderung merugikan Pasar Besar. Pedagang Pasar Besar mengeluh pendapatannya berkurang akibat kalah bersaing dengan Foodmart. Sedangkan keberadaan Matahari Departement Store malah menguntungkan pedagang Pasar Besar. Kondisi tersebut memunculkan beberapa pihak yang diuntungkan diantaranya Pemerintah Kota malang, pelaku pasar modern dan konsumen. Sedangkan pedagang di pasartradisional menjadi pihak yang dirugikan. Persaingan yang tidak sehat antara pasar tradisional dengan pasar modern ini terjadi karena belum adanya regulasi dari Pemerintah Kota Malang. Perpres No. 112 Tahun 2007 yang mengatur pokok-pokok persaingan pasar modern dan pasar tradisional belum bisa diimplemetasikan. Persaingan yang tidak sehat antara pasar tradisional dengan pasar modern hendaknya diberi perhatian khusus oleh Pemerintah Kota Malang dengan membuat kebijakan yang lebih berpihak kepada pasar tradisional sehingga persaingan yang sehat bisa tercipta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/0500902986
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 12 Nov 2009 10:23
Last Modified: 23 Oct 2021 08:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113942
[thumbnail of 050902986.pdf]
Preview
Text
050902986.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item