Pengaruh Faktor Internal terhadap Keputusan Pembelian : Survei pada Mahasiswa Strata-I Bisnis Reguler Angkatan 2004/2005 dan 2005/2006 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Pembeli Tabloid

BambangIndratama (2008) Pengaruh Faktor Internal terhadap Keputusan Pembelian : Survei pada Mahasiswa Strata-I Bisnis Reguler Angkatan 2004/2005 dan 2005/2006 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Pembeli Tabloid. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Era teknologi yang berkembang saat ini, berdampak pada makin mudahnya seorang konsumen untuk mendapatkan segala informasi yang dibutuhkan termasuk informasi tentang produk yang ditawarkan di pasaran. Kondisi semacam ini berpengaruh pada makin kuatnya posisi tawar-menawar konsumen terhadap produsen, sehingga konsumen bersikap makin selektif dalam menentukan pilihan merek atau produk yang akan dibelinya. Untuk menentukan pilihan merek atau produk tersebut, keputusan konsumen akan dipengaruhi oleh faktor-faktor internal yang terdiri dari Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Sikap, dan Gaya Hidup. Dengan adanya pengaruh tersebut maka penting untuk mengetahui bagaimana hubungan dan pengaruh faktor-faktor internal dengan Keputusan Pembelian, dalam hal ini adalah pembelian Tabloid Olahraga Merek BOLA. Sesuai dengan tujuan penelitian yaitu mengetahui hubungan dan pengaruh variabel Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Sikap, dan Gaya Hidup dengan variabel Keputusan Pembelian maka jenis peneliatian ini adalah eksplanatori. Sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa reguler Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya program S-1 Bisnis angkatan 2004/2005 dan 2005/2006 sebanyak 55 orang dengan menggunakan Proposional random sampling. Instrumen yang dipakai adalah kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa yang pernah membeli Tabloid Olahraga BOLA. Analisis data yang digunakan adalah analisi regresi linier berganda, dari hasil analisis tersebut diketahui bahwa semua variabel bebas yang diuji secara simultan maupun parsial mempunyai hubungan dan pengaruh yang signifikan dengan variabel terikat dengan kontribusi penelitian sebesar 58,8%. Adapun variabel yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah variabel pembelajaran, dengan t hitung sebesar 2,903. Dengan adanya hubungan hubungan dan pengruh yang signifikan dari faktor internal terhadap keputusan pembelian, diharapkan pihak-pihak yang terkait dengan pemasaran produk Tabloid Olahraga BOLA dapat lebih memperhatikan perilaku konsumen dari sisi Faktor Internal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/98/050800875
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Mar 2008 09:56
Last Modified: 23 Oct 2021 08:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113940
[thumbnail of 050800875.pdf]
Preview
Text
050800875.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item