Pengaruh Faktor-Faktor Eksternal Terhadap Keputusan Pembelian : Survei pada Konsumen Sepeda Motor Yamaha di Kelurahan Ngagel Rejo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya.

CicikWulandika (2008) Pengaruh Faktor-Faktor Eksternal Terhadap Keputusan Pembelian : Survei pada Konsumen Sepeda Motor Yamaha di Kelurahan Ngagel Rejo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keputusan konsumen untuk melakukan pembelian selalu muncul dan diawali oleh adanya kebutuhan akan barang maupun jasa yang mendasarinya, dengan kata lain tidak terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhinya, diantaranya adalah faktor eksternal. Faktor-faktor eksternal tersebut akan memberikan pengaruh yang berbeda-beda untuk masing-masing konsumen, sehingga masing-masing konsumen memiliki sikap, pendapat, selera dan keinginan yang berbeda-beda. Faktor-faktor eksternal ini tidak dapat diabaikan oleh pemasar karena dengan menganalisis faktor-faktor eksternal ini merupakan salah satu cara dalam memahami kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga pemasar dapat memperoleh asukan-masukan informasi yang berharga dari faktor eksternal yang berhubungan dengan apa dan bagaimanakah sebenarnya yang diinginkan konsumen dalam menganalisis perilaku konsumen dan pada akhirnya keuntungan yang didapatkan perusahaan tersebut akan semakin meningkat. Permasalahan yang akan dikaji pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan variabel-variabel dalam faktor-faktor eksternal, baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian konsumen dan variabel manakah yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh faktor-faktor eksternal terhadap keputusan pembelian konsumen baik secara parsial maupun simultan serta mengetahui variabel yang dominan dalam pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research) yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah variabel Kebudayaan (X1), variabel Kelas Sosial (X2), variabel Kelompok Referensi(X3), variabel Keluarga (X4) dan Variabel terikatnya adalah Keputusan Pembelian Konsumen (Y). Populasi penelitian adalah konsumen sepeda motor Yamaha di Kelurahan Ngagel Rejo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak. Teknik penentuan sampel nmenggunakan teknik purposive sampling. Untuk menentukan jumlah sampel digunakan rumus Machin dan diperoleh 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan berisikan sumber data yang terdiri dari data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang terdiri dari kuisioner dan wawancara serta instrumen penelitian yang terdiri dari kuisioner dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, regresi linier berganda dan regresi parsial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/97/050800874
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Mar 2008 10:05
Last Modified: 23 Oct 2021 08:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113939
[thumbnail of 050800874.pdf]
Preview
Text
050800874.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item