DwiWulansari (2008) Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Pelayanan : Studi Pada Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Teknologi informasi (TI) telah menjadi pilihan utama dalam menciptakan keunggulan kompetitif suatu perusahaan maupun organisasi. Teknologi Informasi juga telah menempati posisi penting dalam penciptaan dan pendukung sistem informasi. TI tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses, menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi. Dengan teknologi komunikasi dapat mempermudah pencapaian informasi pada pihak yang membutuhkan. Dalam suatu organisasi atau perusahaan yang bergerak di bidang jasa Teknologi informasi menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksplanatori dan pendekatan survey. Variabel-variabel teknologi informasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), brainware, dan jaringan komputer. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari jumlah mahasiswa atau pengunjung aktif Perpustakaan Universitas Brawijaya pada semester genap tahun 2006-2007. Jumlah sampel yang digunakan adalah 99 responden. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara variabel-variabel yang digunakan yaitu perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), brainware, jaringan komputer terhadap kualitas pelayanan secara simultan maupun parsial. Berdasarkan analisis dapat diketahui bahwa variabel-variabel teknologi informasi secara simultan maupun parsial mempengaruhi kualitas pelayanan. Pengujian ini dilakukan dengan tingkat kepercayaan 95% atau signifikan 0.05 (α = 0.05) Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), Brainware, dan jaringan komputer berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas pelayanan melalui uji secara bersama-sama atau simultan. Perangkat lunak (software), Brainware, dan jaringan komputer terkecuali perangkat keras (hardware) berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas pelayanan melalui uji secara parsial. Para responden yang pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Brawijaya mempercayai dan menyadari bahwa dengan menggunakan teknologi informasi sangat membantu kinerja, efisiensi, dan efektivitas perpustakaan dalam peningkatan kualitas pelayanannya, atau dengan kata lain teknologi informasi membantu pengguna untuk mendapatkan kemudahan, kenyamanan, dan kepuasan dalam mendapatkan informasi. Oleh karena itu perlu adanya pemeliharaan dan pengembangan kualitas teknologi agar pengguna mendapatkan pelayanan yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2008/8050800273 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 22 Feb 2008 15:04 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 08:31 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113922 |
Preview |
Text
050800273.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |