EndangSriPuspaDewi (2008) Pengaruh Saluran Distribusi Terhadap Penjualan : Studi Kasus pada Perusahaan Indah Cemerlang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perusahaan dituntut untuk dapat menciptakan kebijakan pemasaran yang tepat agar dapat mempengaruhi konsumen dalam pemilihan produk yang akan menciptakan permintaan bagi perusahaan. Salah satu aspek yang cukup penting dalam manajemen pemasaran adalah di bidang saluran distribusi. Saluran distribusi terdiri dari seperangkat lembaga yang melakukan semua kegiatan (fungsi) yang digunakan untuk menyalurkan produk dari produsen ke konsumen. Pemilihan saluran distribusi yang akan digunakan perusahaan harus memperhatikan pasar sasaran yang akan dituju. Permasalahan yang akan dikaji pada penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh saluran distribusi secara bersama-sama (simultan) dan parsial yang terdiri variabel saluran, daerah pemasaran, penyortiran, persediaan dan transportasi terhadap penjualan, variabel manakah yang dominan pengaruhnya dari variabel saluran distribusi terhadap penjualan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh saluran distribusi secara bersama-sama (simultan ) dan parsial yang terdiri variabel saluran, daerah pemasaran, penyortiran, persediaan dan transportasi terhadap penjualan, dan untuk mengetahui variabel yang dominan pengaruhnya dalam saluran distribusi terhadap penjualan. Jenis penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research) yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah variabel saluran (X1), daerah pemasaran (X2), Penyortiran (X3), persediaan (X4) dan transportasi (X5) sedangkan variabel terikatnya adalah variabel volume penjualan (Y). Lokasi penelitian yang dipilih adalah Perusahaan Indah Cemerlang Malang. Hipotesis yang diuji adalah bahwa ada pengaruh secara parsial maupun secara simultan antara variabel-variabel saluran distribusi terhadap variabel volume penjualan. Dan diduga bahwa variabel saluran (X1) mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap volume penjualan. Pengambilan data dilakukan dengan melaksanakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Analisis regresi linier berganda dan regresi linier parsial. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi berganda menunjukkan bahwa secara simultan vaiabel saluran (X1), daerah pemasaran (X2), penyortiran (X3), persediaan (X4), transportasi (X5) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan perusahaan Indah Cemerlang Malang, serta memberikan kontribusi sebesar 75,6% terhadap variabel Y. Sedangkan secara parsial hanya variabel Saluran (X1), daerah peasaran (X2) dan transportasi (X3) yang memiliki pengaruh positif terhadap volume penjualan, sementara penyortiran (X3) dan persediaan (X5) memiliki pengaruh yang negatif dan tidak signifikan nilai thitung lebih kecil dari ttabel yaitu sebesar -2,960. Variabel yang dominan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2008/6/050800271 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 22 Feb 2008 14:51 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 08:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113901 |
Preview |
Text
050800271.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |