Pengaruh Faktor Eksternal Terhadap Keputusan Menabung pada Bank Central Asia : Studi pada Nasabah Bank BCA Kantor Cabang Pembantu Dinoyo Malang.

DeviEndahSulistiyoningrum, (2008) Pengaruh Faktor Eksternal Terhadap Keputusan Menabung pada Bank Central Asia : Studi pada Nasabah Bank BCA Kantor Cabang Pembantu Dinoyo Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Banyak faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah untuk menabung pada BCA, dan faktor eksternal adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keputusan nasabah untuk menabung. Faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dan luar diri konsumen disebabkan konsumen diciptakan oleh lingkungan mereka, dan dapat saling mempengaruhi dalam berperilaku, termasuk dalam perilaku konsumsinya. Faktor eksternal meliputi kebudayaan, kelas sosial, keluarga dan kelompok referensi. Faktor-faktor ini akan mempengaruhi perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian termasuk dalam mengambil keputusan menabung pada Bank Central Asia. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Seberapa besar pengaruh faktor eksternal yang terdiri dari variabel kebudayaan, kelas sosial, keluarga dan kelompok referensi secara bersama-sama terhadap struktur keputusan menabung pada BCA KCP Dinoyo Malang? 2) Seberapa besar pengaruh faktor eksternal yang terdiri dari variabel kebudayaan, kelas sosial, keluarga dan kelompok referensi secara parsial terhadap struktur keputusan menabung pada BCA KCP Dinoyo Malang? Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh faktor eksternal dan perilaku konsumen berupa kebudayaan, kelas sosial, keluarga dan kelompok referensi secara bersama-sama terhadap struktur keputusan menabung pada BCA KCP Dinoyo Malang; 2) mengetahui pengaruh faktor eksternal dari perilaku konsumen (kebudayaan, kelas sosial, keluarga dan kelompok referensi) secara parsial terhadap struktur keputusan menabung pada BCA KCP Dinoyo Malang. Jenis penelitian adalah penelitian penjelasan ( explanatory research ), dengan menggunakan data primer dan sekunder. Dengan jumlah populasi yaitu nasabah tabungan pada Bank Central Asia KCP Dinoyo Malang sampai dengan bulan Agustus 2006 sebanyak 9.736 nasabah maka dengan menggunakan rumus Slovin jumlah sampel ditentukan sebanyak 99 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi berganda, regresi berganda dan korelasi parsial. Hasil analisis korelasi berganda dan regresi berganda diperoleh nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,713 menunjukkan terdapat hubungan yang cukup kuat antara variabel-variabel Kebudayaan (X1), Kelas Sosial (X2), Kelompok Referensi (X3) dan Keluarga (X4) secara bersama-sama terhadap Struktur Keputusan Menabung (Y). Nilai R square sebesar 0,509 menunjukkan bahwa variabel-variabel Kebudayaan (X1), Kelas Sosial (X2), Kelompok Referensi (X3) dan Keluarga (X4) secara serempak memberikan kontribusi (mempengaruhi) variabel Struktur Keputusan Menabung (Y) sebesar 50,9% dan sisanya sebesar 49,1% dipengaruhi oleh variabel lain di luar 4 variabel bebas yang diteliti. Nilai F hitung (24,327) serta nilai probabilitas F yang dihasilkan (0,000) lebih kecil dari 0,05 (p<0,05) berarti bahwa terdapat hubungan dan pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara variabel-variabel bebas (kebudayaan, kelas sosial, kelompok referensi dan keluarga) terhadap variabel terikat (struktur keputusan menabung). Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa variabel-variabel kebudayaan, kelas sosial, kelompok referensi dan keluarga secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap struktur keputusan menabung pada Bank Central Asia KCP Dinoyo Malang dapat diterima. Dari hasil uji t diketahui jika secara parsial variabel Kebudayaan (X1), Kelas Sosial (X2), Kelompok Referensi (X3) dan Keluarga (X4) mempunyai yang signifikan terhadap Struktur Keputusan Menabung (Y), sehingga hipotesis II terbukti. Diketahui juga jika variabel Kelompok Referensi (X3) mempunyai pengaruh dominan terhadap Struktur Keputusan Menabung (Y). Oleh sebab itu penulis menyarankan agar perusahaan untuk lebih memperhatikan faktor eksternal dari perilaku konsumen yang meliputi kebudayaan, kelas sosial, kelompok referensi dan keluarga terutama faktor kelompok referensi yang terbukti mempunyai pengaruh dominan terhadap struktur keputusan menabung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/492/050803362
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Oct 2008 09:38
Last Modified: 23 Oct 2021 07:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113885
[thumbnail of 050803362.pdf]
Preview
Text
050803362.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item