Pengaruh Bauran Eceran terhadap Keputusan Pembelian (Survai pada Konsumen Supermarket Giant Kota Pasuruan)

AdityaKurniawan (2008) Pengaruh Bauran Eceran terhadap Keputusan Pembelian (Survai pada Konsumen Supermarket Giant Kota Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Semakin berkembangnya Supermarket di Indonesia, tentunya menimbulkan konsekuensi bagi para pelaku bisnis eceran untuk dapat memenangkan persaingan. Jika pebisnis eceran tidak siap untuk mengatisipasi masuknya pendatang baru dengan penampilan lebih menarik, teknologi modern, serta manajemen yang lebih baik maka kemungkinan besar akan kalah bersaing. Pemahaman dan pengetahuan pelaku bisnis eceran mengenai unsur-unsur bauran eceran mana saja yang mempengaruhi proses pembuatan Keputusan Pembelian yaitu Harga, Lokasi, Produk, Promosi, Pelayanan, Merchandise dan Atmosfer dalam Gerai menjadi nilai tambah atau masukan yang sangat berguna. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Bauran Eceran terhadap Keputusan Pembelian yang dilakukan konsumen pada Supermarket Giant kota Pasuruan dan untuk mengetahui variabel Bauran Eceran yang mempunyai pengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory dengan metode survai untuk menyoroti adanya hubungan antara variabel-variabel dalam konsep Bauran Eceran yang meliputi: Harga, Lokasi, Produk, Promosi, Pelayanan, Merchandise dan Atmosfer dalam Gerai terhadap variabel terikat yaitu Struktur Keputusan Pembelian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner, teknik pengambilan sampel adalah menggunakan teknik insidental sampling . Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 75 orang konsumen Supermarket Giant Kota Pasuruan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, regresi linier berganda, dan regresi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara serentak ( simultan ) variabel bebas dalam konsep Bauran Eceran yang meliputi Harga, Lokasi, Produk, Promosi, Pelayanan, Merchandise dan Atmosfer dalam Gerai mempunyai hubungan yang signifikan terhadap variabel terikat Struktur Keputusan Pembelian, dengan nilai F-hitung sebesar 20,608 dan nilai probabilitas sebesar 0,000. Analisis regresi parsial menunjukkan bahwa variabel Harga (X 1 ) merupakan variabel yang dominan pengaruhnya terhadap Struktur Keputusan Pembelian. Hal ini ditunjukkan dengan nilai beta sebesar 0,383 dengan probabilitas sebesar 0,000 dan didukung nilai koefisien regresi terbesar yaitu 0,495. Sesuai dengan temuan hasil penelitian, saran yang diajukan adalah Supermarket Giant sebaiknya tetap mempertahankan harga. Supermarket Giant sebaiknya harga dikalkulasi sedemikian rupa sehingga pembiyaan sektor-sektor yang tidak perlu dapat ditekan sehingga harga bisa dijangkau dan bersaing dengan Supermarket lain. Bauran Eceran yang mencakup Harga, Lokasi, Promosi, Produk, Pelayanan, Merchandise dan Atmosfer dalam Gerai juga perlu ditingkatkan untuk mempengaruhi Keputusan Pembelian konsumen terhadap produk yang ditawarkan oleh Supermarket Giant guna menarik minat konsumen baru namun tetap mempertahankan dan memperhatikan konsumen lama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/485/050900851
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Mar 2009 09:38
Last Modified: 23 Oct 2021 07:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113878
[thumbnail of 050900851.pdf]
Preview
Text
050900851.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item