Pengaruh Tingkat Bunga Deposito, Tingkat Inflasi, dan Kurs Valas Dolar Amerika Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) : studi pada Bursa Efek Indonesia periode tahun 2004-2007

DewiAnglianaWardhani, (2008) Pengaruh Tingkat Bunga Deposito, Tingkat Inflasi, dan Kurs Valas Dolar Amerika Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) : studi pada Bursa Efek Indonesia periode tahun 2004-2007. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada penelitian ini, peneliti menganalisis pengaruh variabel-variabel tingkat bunga deposito, tingkat inflasi, dan kurs valas Dolar Amerika terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dari tahun 2004 -2007. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data tingkat bunga deposito berjangka waktu 1 bulan, data tingkat inflasi 1 bulanan, data nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika, dan data Indeks Harga Saham Gabungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatory dan metode analisis data menggunakan metode Time Series Approach . Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, uji Koefisien Determinasi Berganda (R2), uji asumsi klasik (uji Non-Multikolinearitas, uji Non-Heteroskedastisitas dan uji Normalitas) serta uji Hipotesis (uji F dan uji t). Dari analisis regresi linear berganda didapat hasil tingkat bunga deposito (X1) memiliki hubungan yang searah dengan pergerakan IHSG. Untuk variabel tingkat inflasi (X2) memiliki hubungan negatif atau berlawanan arah dengan pergerakan IHSG. Terakhir, untuk variabel kurs valas Dolar Amerika (X3) memiliki hubungan yang searah dengan pergerakan IHSG. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa untuk pengaruh secara simultan diperoleh hasil Fhit > Ftabel (4,220 > 2,82). Hal ini menunjukkan bahwa variabel tingkat bunga deposito, tingkat inflasi dan kurs valas Dolar Amerika terhadap Rupiah secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perubahan IHSG. Untuk pengaruh secara parsial, variabel tingkat bunga deposito diperoleh hasil thit > ttabel, dan terbukti perubahan tingkat bunga deposito berpengaruh signifikan terhadap perubahan IHSG. Untuk variabel tingkat inflasi hasilnya thit > -ttabel, terbukti bahwa tingkat inflasi berpengaruh signifikan terhadap perubahan IHSG. Untuk variabel kurs valas Dolar Amerika terhadap Rupiah diperoleh hasil thit < ttabel, artinya perubahan kurs valas Dolar Amerika terhadap Rupiah tidak berpengaruh signifikan terhadap perubahan IHSG. Dari uji Non-Multikolinieritas didapat hasil bahwa dalam model regresi tidak terjadi multikolinieritas. Hasil uji Non-Heterokedastisitas terlihat bahwa ketiga variabel mempunyai nilai signifikansi toleransi lebih besar dari 0,05 sehinggadalam model regersi tidak terdapat heterokedastisitas. Uji normalitas yang dilakukan diperoleh hasil bahwa variabel-variabel yang diuji berdistribusi normal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/456/050900037
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2009 16:07
Last Modified: 23 Oct 2021 07:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113848
[thumbnail of 050900037.pdf]
Preview
Text
050900037.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item