Strategi pengembangan pasar tradisional sebagai media pembangunan ekonomi masyarakat lokal : studi pada Dinas Pasar Kota Malang

AdhistiParamithaK, (2008) Strategi pengembangan pasar tradisional sebagai media pembangunan ekonomi masyarakat lokal : studi pada Dinas Pasar Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pasar tradisional adalah salah satu media yang digunakan dalam pembentukan ekonomi publik dan memainkan peran strategis dalam membentuk konsep kebangsaan publik secara komprehensif dalam strategi ekonomi yang terkait erat dengan sumber tradisinya. Tingkat aktivitas transaksional pasar tergantung pada kondisinya, yang dapat menjadi sesuatu yang fisik atau kondisional seperti fasilitas dan kenyamanan bagi penjual dan pelanggan. Ada 29 (dua puluh sembilan) pasar tradisional di Malang yang secara luas menyebar di 5 (lima) kecamatan dan dibagi menjadi kelas I, II, III, IV, dan V berdasarkan pangkat lokasi, bangunan, fasilitas dan infrastrukturnya, keamanan, dan penghasilan. Semua manajemennya dijalankan oleh Departemen Layanan Pasar Publik di Malang sehubungan dengan fungsinya dan tugasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengilustrasikan strategi pasar tradisional untuk bertahan hidup dan tumbuh bersama dengan faktor-faktor yang mendukung dan resistif dan dengan meningkatnya tingkat persaingan ke pembangunan pasar modern yang telah dilakukan dengan cepat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang memanfaatkan pendekatan analitik kualitatif. Sumber dibagi menjadi sumber primer dan sekunder yang dikumpulkan melalui teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah penulisnya sendiri dan menulis alat. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan metode kualitatif yang dapat digunakan untuk menggambarkan situasi atau peristiwa dalam langkah-langkah pengurangan data, presentasi data dan kesimpulan, sebagai sesuatu yang saling membatasi, selama, dan setelah aktivitas pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan upaya Departemen Layanan Pasar Publik di Malang untuk mengembangkan pasar tradisional melalui strategi fasilitas dan pembangunan infrastruktur, Standar Strategi Layanan Publik, Kebijakan dan Strategi Peraturan Pemerintah Daerah, karena pengembangan pasar akan memberikan pengaruh besar kepada standar hidup masyarakat setempat (menengah ke ujung) yang bekerja di sektor informal ini. Beberapa faktor pendukung dari strategi ini adalah sumber daya alam dan sistem perdagangan konvensional, sedangkan faktor resistifnya adalah keberadaan pasar modern dan tingkat ketersediaan sumber daya alam yang rendah. Oleh karena itu kita dapat menyimpulkan bahwa tindakan nyata diperlukan untuk dilakukan oleh Pemerintah, Departemen Layanan Pasar Publik di Malang, dan publik sebagai penjual dan pelanggan untuk menyelesaikan koordinasi dan kerja sama yang baik sehingga pasar tradisional yang produktif dapat dibawa dan mampu. Mengatasi setiap masalahnya dan satu itu dapat ditransformasikan sebagai salah satu roda pembangunan ekonomi publik.

English Abstract

Traditional market is one of the media used in the establishment of public economy and plays a strategic role in shaping public’s concept of nationality comprehensively within an economic strategy which closely related to the source of its tradition. The level of market’s transactional activity depends on its condition, which can either be something physical or conditional such as facility and comfortability for both seller and customer. There are 29 (twenty-nine) traditional markets in Malang which widely spread in 5 (five) sub districts and divided into I, II, III, IV, and V class based on the rank of its location, building, facilities and infrastructures, security, and income. All of its management is run by Public Market Service Department in Malang with respect to its function and duty. The objective of this research is to illustrate traditional market strategy in order to survive and grow along with its supportive and resistive factors and with the increasing level of competition to the building of modern markets which has been done rapidly. This research uses a descriptive method utilizing qualitative analytical approach. Sources are divided into primary and secondary sources collected through data collecting techniques such as observation, interview, and documentation. Instruments in this study are the author herself and writing tools. Data analysis in this research is done by using descriptive analysis and qualitative method which can be used to depict a situation or an event in data reduction steps, data presentation and conclusion, as something which are bounded each other prior to, during, and after the data collecting activity. The result of this research shows an effort of Public Market Service Department in Malang to develop traditional market through the strategy of facilities and infrastructures building, standard of public service strategy, policy and local government regulation strategy, since market development will contribute great influences to the standard of living of the local society (middle to end) who works in this informal sector. Some of the supportive factors of this strategy are natural resources and conventional trading system, while its resistive factors are the existence of modern markets and low level of natural resources availability. Therefore we can conclude that a real action is needed to be done by the government, Publik Market Service Department in Malang, and public as seller and customer to settle a good coordination and cooperation so that productive traditional markets can be brought to live and able to overcome every of its problem and one it can be transformed as one of the wheels of the building of public economy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/448/050803801
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 22 Jan 2009 10:27
Last Modified: 23 Oct 2021 07:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113839
[thumbnail of 050803801.pdf]
Preview
Text
050803801.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item