Pemanfaatan Electronic Government Melalui Pengaduan On-Line Sebagai Upaya Peningkatan Partisipasi Publik : studi pada Kantor Pengolahan Data Elektronik Pemerintah Kota Malang

BahtiarMukhakiki (2008) Pemanfaatan Electronic Government Melalui Pengaduan On-Line Sebagai Upaya Peningkatan Partisipasi Publik : studi pada Kantor Pengolahan Data Elektronik Pemerintah Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dunia telah memasuki era globalisasi, yang ditandai dengan kemajuan tehnologi informasi (komputer dan telekomunikasi). Data, informasi dan berita dapat tersebar dengan cepat dalam hitungan detik ke seluruh dunia. Penggunaan tehnologi komputer mutlak diperlukan dalam setiap segi kehidupan manusia. Tidak terkecuali di lingkup Pemerintahan, baik pemerintahan pusat sampai ke pemerintahan yang paling kecil diperlukan bantuan tehnologi untuk memudahkan kinerja aparat dalam memberikan pelayanan serta menginformasikan berita dan data. Dalam penerpannya di Pemerintahan, penggunaan tehnologi komputer ini disebut elektronik government Salah satu Pemerintah daerah yang memanfaatkan kemajuan tehnologi ini adalah Pemerintah Kota Malang. Salah satu bentuk pelayanan elektronik government yang diberikan Pemkot Malang kepada masyarakat adalah pelayanan pengaduan on-line . Masyarakat Kota Malang dapat mengadukan permasalahan serta mengajukan pertanyaan melalui website Pemkot Malang (www.malangkota.go.id). Kemudian Pemkot megkordinasikan dengan dinas yang berwenang untuk menjawab dan menyelesaikan permasalahan yang di adukan oleh masyarakat. Pelayanan pengaduan on-line ini adalah usaha Pemkot malang untuk meningkatkan partisipasi publik. Dari hasil penelitian yang menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif ini dapat digambarkan pemanfaatan kolom pengaduan on-line oleh masyarakat Kota Malang cukup baik. Masyarakat kota Malang sudah memanfaatkan kolom pengaduan on-line dengan alasan lebih efektif dan efisien. Dalam pelaksanaannya kolom pengaduan on-line sudah mampu meningkatkan derajat partisipasi publik. Masyarakat mengadukan permasalahan mereka kepada pemkot, kemudian pemkot memberikan tanggapan dan menyelesaiakan permasalahan yang diadukan oleh warga. Secara tehnis pelaksanaan pelayanan pengaduan on-line cukup lancar karena adanya faktor-faktor pendukung. Yang menjadi faktor penghambat serta kekurangan dari pelaksanaan pengaduan on-line adalah kurang adanya kordinasi yang baik antara pihak KPDE dengan dinas-dinas yang berwenang sehingga apa yang menjadi permasalahan warga tidak dapat ditanggapi dengan baik serta kurang adanya penanganan secara serius.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/442/050803709
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 22 Jan 2009 08:53
Last Modified: 23 Oct 2021 07:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113833
[thumbnail of 050803709.pdf]
Preview
Text
050803709.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item