Pengaruh Personal Selling Terhadap Penjualan Polis Asuransi : studi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Kantor Cabang Kota Malang

DwiHarmoko, (2008) Pengaruh Personal Selling Terhadap Penjualan Polis Asuransi : studi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Kantor Cabang Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring dengan semakin ketatnya persaingan dalam bisnis perasuransian, perusahaan yang bergerak dalam bidang ini berlomba-lomba untuk mencapai sasaran perusahaan, yaitu memperoleh keuntungan yang optimal dan dapat terus survive . Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan berusaha untuk memperoleh tingkat penjualan polis asuransi yang tinggi sebagai sumber pendapatan perusahaan yang utama. Usaha tersebut berkaitan dengan strategi pemasaran, terutama yang penting untuk diperhatikan dan dipertimbangkan dengan matang karena pengaruhnya terhadap penjualan polis asuransi adalah personal selling . Pada perusahaan asuransi, pelaksanaan personal selling dilakukan oleh agen yang diharapkan dapat bersikap profesional dan mampu memberikan informasi selengkap-lengkapnya dan sejelas-jelasnya mengenai produk dan perusahaan kepada calon nasabah dan nasabah. Pelaksanaan personal selling ini bertujuan untuk merangsang tindakan pembelian nasabah sehingga target penjualan polis asuransi perusahaan yang sudah ditetapkan sebelumnya dapat dicapai, atau bahkan dilampaui. Permasalahan yang akan dikaji pada penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan personal selling dan pengaruhnya secara simultan dan parsial terhadap penjualan polis asuransi pada perusahaan yang bersangkutan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan personal selling serta untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel personal selling , yaitu jumlah agen dan frekuensi kunjungan, secara simultan dan parsial terhadap penjualan polis asuransi pada perusahaan yang bersangkutan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang menjelaskan prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan keadaan subjek atau objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Penelitian ini berlokasi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Kantor Cabang Kota Malang Jl. Brigjend. Slamet Riyadi No. 18 Malang. Konsep dalam penelitian ini adalah konsep personal selling yang meliputi dua variabel bebas, yaitu jumlah agen dan frekuensi kunjungan, serta konsep penjualan yang meliputi variabel terikat berupa realisasi penjualan polis. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif, termasuk di dalamnya analisis korelasi linier berganda, analisis regresi linier berganda dan analisis regresi parsial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/440/050803705
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2009 09:23
Last Modified: 23 Oct 2021 07:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113831
[thumbnail of 050803705.pdf]
Preview
Text
050803705.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item