Analisis Pengelolaan Modal Kerja Sebagai usaha Untuk Meningkatkan Efisiensi Usaha : Studi Kasus pada Perusahaan Paving Sidodadi Jaya Malang.

ArifBarokah (2008) Analisis Pengelolaan Modal Kerja Sebagai usaha Untuk Meningkatkan Efisiensi Usaha : Studi Kasus pada Perusahaan Paving Sidodadi Jaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan atas dasar pentingnya manajemen modal kerja yang efisien dalam sebuah perusahaan. Perusahaan Paving Sidodadi Jaya merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha utama produksi paving. Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah menumpuknya modal kerja bersih perusahaan sehingga mengakibatkan menurunnya efisiensi usaha perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai pengelolaan modal kerja pada Perusahaan Paving Sidodadi Jaya Malang serta mengetahui kontribusi pengelolaan modal kerja terhadap peningkatan efisiensi usaha perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan jenis studi kasus. Dan fokus penelitian ini adalah analisa rasio keuangan perusahaan, analisa laporan perubahan modal, dan proyeksi laporan keuangan. Dari penyajian data pada Perusahaan Paving Sidodadi Jaya Malang maka dianalisa menggunakan rasio keuangan, sehingga diketahui bahwa selama periode pengamatan 2005, 2006, dan 2007 terjadi peningkatan Net Working capital berturut-turut sebesar Rp 14.280.510,00; Rp. 68.760.248,00; Rp.212.813.152,00. Rasio aktivitas dan rasio profitabilitas juga mengalami penurunan sehingga efisiensi usaha perusahaan mengalami penurunan. Dengan demikian dapat disimpulkan kebijakan apa saja sehubungan dengan pengelolaan modal kerja yang bisa dilakukan oleh perusahaan. Kemudian dilakukan peramalan menggunakan metode least square dan menggunakan budget kas sebagai solusi kas yang menumpuk. Pada analisa proyeksi rasio keuangan dapat diketahui bahwa rasio profitabilitas perusahaan mengalami peningkatan terutama pada rasio Return On Investment (ROI) meningkat dari tahun 2007 sebesar 18 % menjadi 22 %.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/438/050803703
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Feb 2009 12:26
Last Modified: 23 Oct 2021 07:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113829
[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_IV2.pdf]
Preview
Text
bab_IV2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of curiculum_vitae.pdf]
Preview
Text
curiculum_vitae.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_I.pdf]
Preview
Text
bab_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of daftar_pustaka_ver_3.pdf]
Preview
Text
daftar_pustaka_ver_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of daftar_isi.pdf]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of daftar_tabel.pdf]
Preview
Text
daftar_tabel.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of tabel2.pdf]
Preview
Text
tabel2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of tanda_persetujuan_skripsi.pdf]
Preview
Text
tanda_persetujuan_skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of kata_penganta1.pdf]
Preview
Text
kata_penganta1.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item