EnyPurnamasari (2008) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan dan Loyalitas Nasabah Pengguna Internet Banking : Studi pada Nasabah Bank Negara Indonesia di Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin cepat, menciptakan persaingan diantara lembaga-lembaga perbankan untuk menawarkan layanan berbasis teknologi informasi kepada konsumennya, yang dikenal dengan istilah internet banking . Mengingat tidak adanya interaksi secara fisik antara nasabah dengan karyawan bank dalam internet banking, maka kepercayaan dari nasabah terhadap layanan ini menjadi hal yang terpenting bagi bank. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel shared value , communication , dan opportunistic behaviour control terhadap variabel kepercayaan nasabah, untuk mengetahui pengaruh variabel shared value , communication , dan opportunistic behaviour control terhadap variabel loyalitas nasabah melalui variabel kepercayaan nasabah dan untuk mengetahui pengaruh variabel kepercayaan nasabah terhadap variabel loyalitas nasabah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan terdiri dari variabel shared value (X1), variabel communication (X2), variabel opportunistic behaviour control (X3), variabel kepercayaan nasabah (Z), dan variabel loyalitas nasabah (Y), dengan skala pengukuran yang digunakan, yaitu skala likert. Sampel penelitian sebanyak 50 orang responden, yaitu nasabah Bank Negara Indonesia di Malang yang terdaftar sebagai pengguna internet banking . Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling . Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu melalui penyebaran kuesioner dan wawancara, dengan instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur ( path analysis ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel shared value memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel kepercayaan nasabah. Hal ini disebabkan dalam proses shared value Bank Negara Indonesia menerapkan nilainilai etika, security dan privacy dalam menyelenggarakan layanan internet banking -nya. Variabel communication memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel kepercayaan nasabah. Hal ini disebabkan Bank Negara Indonesia dalam proses komunikasi menerapkan opennes s, speed of respons e dan quality of informatio n dalam menyelenggarakan layanan internet banking -nya, sedangkan variabel opportunistic behaviour control (X3) memiliki pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap variabel kepercayaan nasabah. Hal ini disebabkan sistem pengawasan yang diterapkan oleh Bank Negara Indonesia terkait dengan regulatory control dan asymmetry information control tidak sepenuhnya dipahami oleh nasabah, dalam penyelenggaraan layanan internet banking -nya karena Bank Negara Indonesia tidak memberikan informasi secara langsung mengenai sistem pengawasan yang diterapkan kepada nasabah. Untuk variabel kepercayaan nasabah diketahui memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas nasabah. Hal ini disebabkan untuk mendapatkan kepercayaan nasabah terhadap layanan internet banking -nya, Bank Negara Indonesia menyediakan transaksi perbankan yang beragam, membuat website internet banking yang menarik, sistem navigasi dan menu transaksi yang jelas untuk nasabah, serta meyakinkan nasabah kecil kemungkinan akan resiko keamanan data dan kegagalan transaksi pada internet banking -nya. Dengan diketahui bahwa variabel shared value dan variabel communication memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel kepercayaan nasabah, sedangkan variabel opportunistic behaviour control memiliki pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap variabel kepercayaan nasabah sehingga saran yang dapat diberikan, yaitu sebaiknya pihak bank selaku penyelenggara internet banking menginformasikan kepada nasabah mengenai sistem pengawasan yang diterapkan pada internet banking -nya, guna meningkatkan kepercayaan nasabah terha
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2008/427/050803680 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 29 Jan 2009 10:58 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 06:57 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113818 |
Preview |
Text
CoVeR.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Isi_DafTaR_PusTaKa_LamPiRan.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |