AlhawiDwiRiananto (2008) Pengaruh Biaya Bauran Promosi Terhadap Volume Penjualan : Studi Pada PT. Sang Hyang Seri (Persero) –UBD Nganjuk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam usaha meningkatkan volume penjualan perusahaan, bauran promosi merupakan salah satu cara yang ditempuh oleh pihak perusahaan. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana pelaksanaan bauran promosi yang dilakukan oleh PT. Sang Hyang Seri UBD Nganjuk, kedua bagaimana pengaruh biaya bauran promosi secara simultan dan parsial terhadap volume penjualan. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bauran promosi yang dilakukan oleh PT. Sang Hyang Seri UBD Nganjuk dan untuk mengetahui pengaruh biaya bauran promosi secara simultan dan parsial terhadap volume penjualan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatory dengan pendekatan kuantitatif, yang mengkaji pengaruh antara variabel biaya bauran promosi yaitu Biaya Periklanan (X1), Biaya Penjualan Pribadi (X2), Biaya Promosi Penjualan (X3), dan Biaya Hubungan Masyarakat (X4) terhadap Volume Penjualan (Y). Penelitian ini dilakukan di PT. Sang Hyang Seri UBD Nganjuk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Adapun metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian regresi linier berganda secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Biaya Bauran Promosi (X) terhadap variabel Volume Penjualan (Y). pengaruh ini ditunjukkan oleh nilai probabilitas F Hitung 0,000 dengan nilai R Square 0,954 menunjukkan Volume Penjualan (Y) dipengaruhi sebesar 95,4% oleh variabel bebas yaitu Biaya Periklanan (X1), Biaya Penjualan Pribadi (X2), Biaya Promosi Penjualan (X3), dan Biaya Hubungan Masyarak at (X4). Sedangkan hasil pengujian regresi linier berganda secara parsial menunjukkan bahwa variabel Biaya Bauran Promosi yaitu Biaya Periklanan (X1) dengan koefisien regresi -0,000237, t hitung -5,363 dan probabilitas 0,000, Biaya Penjualan Pribadi (X2) dengan koefisien regresi 0,00056, t hitung 5,487 dan probabilitas 0,000, Biaya Promosi Penjualan (X3) dengan koefisien regresi 0,0008156, t hitung 7,372 dan probabilitas 0,000, dan Biaya Hubungan Masyarakat (X4) dengan koefisien regresi 0,002252, t hitung 2,794 dan probabilitas 0,009, secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap Volume Penjualan (Y). Dari hasil pengujian secara parsial diketahui bahwa Biaya Promosi Penjualan (X3) merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap Volume Penjualan (Y), karena mempunyai t hitung paling besar yaitu 7,372. Saran yang dikemukakan pada PT. Sang Hyang Seri UBD Nganjuk harus lebih meningkatkan Biaya Promosi Penjualan (X3) dan memperbaiki variabel Biaya Periklanan (X1) karena dari uji statistik mempunyai nilai koefisien regresi negatif. Dengan memperbaiki dan mengubah strategi variabel periklanan diharapkan perusahaan dapat lebih bisa memaksimalkan volume penjualannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2008/403/050803495 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 18 Nov 2008 08:33 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 06:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113797 |
Preview |
Text
050803495.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |