Peranan Sistem Akuntansi Penjualan Dan Penerimaan Kas Sebagai Alat Untuk Meningkatkan Pengendalian Intern Perusahaan. : Studi Kasus Pada Perusahaan Rokok PT. Gandum Malang.

EkoArianto (2008) Peranan Sistem Akuntansi Penjualan Dan Penerimaan Kas Sebagai Alat Untuk Meningkatkan Pengendalian Intern Perusahaan. : Studi Kasus Pada Perusahaan Rokok PT. Gandum Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penjualan dan penerimaan kas merupakan aktivitas yang terpenting diantara aktivitas lainnya karena merupakan sumber hidup bagi perusahaan terutama yang bergerak di bidang bisnis. Keadaan demikian juga berlaku pada Perusahaan Rokok PT. Gandum Malang yang merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi rokok . Perusahaan ini menghadapi persaingan yang cukup ketat dengan banyaknya perusahaan yang bergerak pada bidang yang sama. Agar tujuan perusahaan dapat tercapai, perusahaan harus memiliki sistem akuntansi yang memadai dan jelas, termasuk sistem akuntansi penjualan dan penerimaan kas yang sangat diperlukan untuk kelancaran aktivitas tersebut serta mampu mendukung pelaksanaan pengendalian internnya. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem akuntansi penjualan dan penerimaan kas yang baik guna mendukung tujuan pengendalian intern yang dapat diterapkan pada Perusahaan Rokok PT. Gandum Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di Perusahaan Rokok PT. Gandum Malang yang berada di jalan Mulyosari No: 131 RT. 05 / RW. 01 Kelurahan Mulyorejo, Kecamatan Sukun Malang. Sedangkan fokus penelitiannya adalah struktur organisasi perusahaan, prosedur penjualan dan penerimaan kas, formulir, dokumen dan catatan akuntansi yang digunakan serta bagan alir dari sistem akuntansi penjualan dan penerimaan kas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah penerapan sistem akuntansi penjualan dan penerimaan kas pada Perusahaan Rokok PT. Gandum Malang, masih belum mampu mendukung pelaksanaan pengendalian intern perusahaan karena masih terdapat kelemahan-kelemahan pada struktur organisasi, formulir, dokumen dan catatan akuntansi yang digunakan, serta sistem penjualan dan penerimaan kas yang dapat menimbulkan kerugian-kerugian bagi perusahaan itu sendiri. Bertitik tolak dari masih terdapatnya kelemahan-kelemahan tersebut, maka penulis memberikan saran pemecahan masalah yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi Perusahaan Rokok PT. Gandum Malang untuk menyempurnakan struktur organisasi, formulir, dokumen dan catatan akuntansi yang digunakan, serta sistem penjualan dan penerimaan kas yang tujuan akhirnya adalah untuk mendukung pengendalian intern perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/401/050803493
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Nov 2008 09:33
Last Modified: 23 Oct 2021 06:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113795
[thumbnail of 050803493.pdf]
Preview
Text
050803493.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item