Analisis Strategi Bersaing Sebagai Kajian Perumusan Strategi Pemasaran Guna Meraih Keunggulan Kompetitif : Studi Pada Hotel Pelangi 1 Malang.

BruriSetyoWibowo (2008) Analisis Strategi Bersaing Sebagai Kajian Perumusan Strategi Pemasaran Guna Meraih Keunggulan Kompetitif : Studi Pada Hotel Pelangi 1 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dunia pariwisata di Indonesia menunjukkan peningkatan yang cukup bagus, hal ini terbukti dengan banyaknya obyek wisata yang mampu menarik wisatawan asing maupun wisatawan domestik. Dunia pariwisata umumnya merupakan bidang bisnis yang sering mengalami pasang surut. Karena dipengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor internal dan faktor eksternal. Peningkatan industri pariwisata harus didukung pula dengan meningkatkan sarana penunjangnya, perhotelan merupakan salah satu diantaranya. Industri perhotelan merupakan salah satu diantara sekian banyak industri pariwisata yang memiliki banyak pesaing. Demikian juga dengan Hotel Pelangi 1 Malang yang merupakan satu diantaranya sekian hotel yang ada di kota Malang, tidak terlepas dari persaingan yang ada. Maka dari itu setiap organisasi/perusahaan hendaknya memiliki strategi yang tepat dalam segala hal, karena jantung kinerja perusahaan dalam pasar bersaing adalah keunggulan bersaing. Strategi bersaing dapat digunakan untuk menentukan sikap perusahaan terhadap pasar dan perusahaan pesaing. Dengan strategi bersaing perusahaan akan mengetahui posisi mana yang menguntungkan sehingga dapat menginvestasikan sebagian modalnya untuk pengembangan pangsa pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi internal yang dihadapi, untuk mengetahui kondisi eksternal yang dihadapi dan untuk mengetahui strategi apa yang digunakan dalam menghadapi persaingan yang ada sehingga diperoleh suatu keunggulan bersaing. Jenis penelitian yang digunakan dalam adalah deskriptif, dengan menitikberatkan pada pendekatan kualitatif jenis dengan menggunakan data kualitatif dan sumber data berupa data primer dan sekunder serta teknik pengumpulan data melalui : wawancara, observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis Matrik EFAS menunjukkan angka 2,90 berarti perusahaan mampu merespon peluang dan mengatasi ancaman yang ada. Analisis matrik IFAS menunjukkan angka 2,95 berarti perusahaan mampu memaksimalkan kekuatan yang dimiliki dan mengatasi kelemahan yang ada. Hasil Analisis Competitive Profile Matrix (CPM) diketahui bahwa Hotel Pelangi 1 Malang memiliki kekuatan yang lebih baik daripada pesaing yang ada. Hasil analisis SWOT menghasilkan empat stategi yaitu : Statregi SO, Strategi ST, Satregi WO,dan Strategi WT. Hasil matrik Internal Eksternal menunjkkan koordinat (2.90,2.95) maka dari analisis itu dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan adalah kombinasi strategi bersaing dan strategi menyerang, yaitu pengembangan produk dan penetrasi pasar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/399/050803491
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Nov 2008 09:48
Last Modified: 23 Oct 2021 06:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113791
[thumbnail of 050803491.pdf]
Preview
Text
050803491.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item