Analisis biaya pemasaran sebagai salah satu alat untuk meningkatkan profitabilitas : studi kasus pada PT Pesona Remaja Malang

DhiptyaRatriAnggraheni (2008) Analisis biaya pemasaran sebagai salah satu alat untuk meningkatkan profitabilitas : studi kasus pada PT Pesona Remaja Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Semakin majunya teknologi serta semakin kompleksnya persaingan dalam dunia bisnis dalam situasi ekonomi yang serba tidak menentu ini menimbulkan banyak sekali persoalan bagi perusahaan. Meskipun pada kenyataannya dalam situasi yang stabil pun perusahaan-perusahaan bisnis selalu diwarnai dengan persaingan yang ketat untuk mengembangkan inovasi serta menguasai pangsa pasar yang seluas mungkin. Agar perusahaan dapat bersaing secara lebih sehat, maka salah satu yang harus dilakukan oleh perusahaan adalah pengendalian biaya pemasaran produk perusahaan, diharapkan dengan analisis biaya dan profitabilitas pemasaran ini akan memberikan informasi yang dapat digunakan oleh seorang manajer perusahaan untuk mengendalikan biaya pemasarannya. Dalam hal ini ada empat alat untuk menganalisis biaya pemasaran jika ditinjau dari usaha pemasarannya, dua diantaranya adalah analisis biaya pemasaran menurut jenis produk dan analisis biaya pemasaran menurut daerah pemasarannya. Analisis ini akan dapat memberikan informasi kepada perusahaan jenis produk serta daerah mana saja yang mampu memberikan nilai keuntungan yang lebih tinggi. Dimana dari sini pula perusahaan dapat memprediksikan faktorfaktor yang menyebabkan situasi ini terjadi, sedangkan bila berada di lain tempat tidak. Diharapkan dengan adanya analisis ini akan lebih mempermudah perusahaan dalam membuat rencana serta pengambilan keputusan dimasa yang akan datang.Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan studi kasus. Dimana dengan pendekatan studi kasus ini diharapkan hasil analisis yang diperoleh lebih merupakan sebuah hasil perhitungan yang akurat dan wajar untuk dijadikan sebuah pedoman dalam perencanaan dan pengambilan keputusan di tahun-tahun selanjutnya. Dalam hal ini sumber penelitiannya adalah PT Pesona Remaja Malang merupakan perusahaan jeans yang melaksanakan aktivitasnya hanya berdasarkan pertimbangan besarnya permintaan pasar maupun besarnya pesanan. Macam produk jeans yang dipasarkan adalah untuk jenis AKO memiliki beberapa model antara lain Capri, Hipster dan Basic sedangkan untuk jenis CAESAR memiliki beberapa model antara lain Baggy, Cargo dan Basic. Dengan daerah pemasarannya adalah Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya. Beberapa uraian singkat serta data-data yang ada tentang perusahaan menunjukkan bahwa dari analisis data biaya pemasaran yang ada baik itu analisis biaya pemasaran menurut jenis produk maupun analisis biaya pemasaran menurut daerah pemasarannya menunjukkan bahwa sebenarnya PT Pesona Remaja Malang selama kurun waktu 2004 sampai dengan 2006 mengalami perkembangan profit yang cukup fluktuatif. Adapun perincian analisis data biaya pemasaran menurut jenis produk diperoleh informasi bahwa produk yang menghasilkan profit tertinggi terjadi pada tahun 2004 jenis produk AKO dengan model hipster memberikan keuntungan yang paling tinggi diantara produk-produk yang lain dengan besar keuntungan Rp. 957.806.100 dengan biaya pemasaran yangdikeluarkan Rp. 659.094.653. Pada tahun 2005 produk yang memberikan kontribusi laba maksimal masih tetap ditempati oleh produk AKO model hipster dengan besar laba Rp. 853.353.163 dengan biaya pemasaran Rp. 686.022.484. Sedangkan untuk tahun 2006 laba tertinggi ditempati oleh produk CAESAR model basic dengan besar laba Rp. 941.616.816 dan biaya yang dikeluarkan Rp. 1.091.839.653. Untuk perincian analisis biaya pemasaran menurut daerah pemasarannya informasi yang dapat diperoleh adalah sebagai berikut pada tahun 2004 laba tertinggi ada pada produk AKO model hipster pada daerah pemasaran Surabaya yang besarnya Rp. 419.483.362 dengan biaya yang dikeluarkan sebesar Rp. 183.555.028 Dari analisis ini diharapkan perusahaan lebih mampu mengatur manajemen dengan jauh lebih baik daripada sebelumnya khususnya untuk penentuan perencanaan biaya pemasaran untuk tahun-tahun berikutnya dengan memperhatikan faktor-faktor penting baik itu internal maupun eksternal. Usaha yang dapat dilakukan antara lain dengan peningkatan volume penjualan produk, peningkatan efisiensi pengeluaran khususnya biaya pemasaran dengan tetap memperhitungkan faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi perkembangan produk di pasaran, menetapkan prosentase laba yang diinginkan sehingga diharapkan perusahaan lebih termotivasi dalam pencapaian target yang ditetapkan, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/39/0050800535
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 12 Mar 2008 11:09
Last Modified: 23 Oct 2021 06:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113784
[thumbnail of 050800535.pdf]
Preview
Text
050800535.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item