Pelaksanaan Komputerisasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Dalam Pengelolaan Administrasi Kepegawaian : Studi Kasus Pada Universitas Trunojoyo.

ChandraRitaNingtyas (2008) Pelaksanaan Komputerisasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Dalam Pengelolaan Administrasi Kepegawaian : Studi Kasus Pada Universitas Trunojoyo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pemanfaatan sistem informasi dalam setiap kegiatan sudah bukan menjadi hal yang asing lagi, bahkan menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang. Organisasi publik sebagai pelayan publik juga memanfaatkan teknologi informasi untuk mengoptimalkan pemberian informasi, baik untuk instansi sendiri maupun untuk masyarakat. Tuntutan penyediaan informasi secara cepat dan akurat yang nantinya digunakan dalam pembuatan keputusan-keputusan membuat pengelolaan administrasi, khususnya administrasi kepegawaian tidak bisa lepas dari pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG). Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan dan kontribusi komputerisasi SIMPEG dalam pengelolaan administrasi kepegawaian di Universitas Trunojoyo Madura sampai tahun 2007. Penelitian ini berjenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan yang menjadi fokus dalam penelitian adalah Pelaksanaan Komputerisasi SIMPEG yang meliputi Manusia, Perangkat Keras (hardware), Perangkat Lunak (software) , Data dan Prosedur, serta kontribusinya dalam pengelolaan administrasi kepegawaian pada Universitas Trunojoyo sampai bulan Desember 2007. Teknik pengumpulan data yang dipakai peneliti yaitu wawancara, dokumen dan observasi. Dan instrument penelitiannya adalah pedoman wawancara dan catatan dilapangan. Dari lima variabel yang diteliti yaitu manusia, perangkat keras (hardware) , perangkat lunak (software) , data dan prosedur, diketahui bahwa pelaksanaan komputerisasi SIMPEG pada Universitas Trunojoyo dalam pengelolaan administrasi kepegawaian belum maksimal dan masih melakukan pengolahan data secara manual. Pelaksanaan program SIMPEG boleh dikatakan masih dalam tahap uji coba selama tahun 2007 ini. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sumber daya manusia yang dimiliki Universitas Trunojoyo masih belum mendukung pelaksanaan komputerisasi SIMPEG, masih belum sempurnanya program SIMPEG dan keterbatasan dana dalam pengembangan program SIMPEG, belum tersedianya form-form isian yang digunakan dalam pengolahan data dan masih belum tersosialisasinya prosedur pengelolaan SIMPEG. Dalam usaha meningkatkan kontribusi SIMPEG maka diharapkan Universitas Trunojoyo perlu untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga kepegawaian, melakukan perawatan perangkat keras secara rutin, meningkatkan dana untuk pengembangan program, membuat form-form isian, melakukan pensosialisasian prosedur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/388/050803358
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Oct 2008 10:52
Last Modified: 23 Oct 2021 06:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113782
[thumbnail of 050803358.pdf]
Preview
Text
050803358.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item