Pelayanan Penyediaan Air Bersih di Kabupaten Tuban : studi pada Perusahaan Daerah Air Minum, Kabupaten Tuban

RijalNusaKusuma, (2008) Pelayanan Penyediaan Air Bersih di Kabupaten Tuban : studi pada Perusahaan Daerah Air Minum, Kabupaten Tuban. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan publik merupakan isu yang semakin strategis karena perbaikan pelayanan publik di Indonesia cenderung setengah hati. Pelayanan yang diberikan oleh pemerintah kepada rakyat terus mengalami pembaruan, baik dari sisi paradigma maupun format pelayanan seiring dengan meningkatnya tuntutan masyarakat dan perubahan di dalam pemerintah itu sendiri. Meskipun demikian, pembaruan dilihat dari kedua sisi tersebut belumlah memuaskan, bahkan masyarakat masih diposisikan sebagai pihak yang tidak berdaya dan termarginalisasikan dalam kerangka pelayanan. Perwujudan pelayanan yang didambakan adalah : mudah, cepat, wajar, perlakuan sama, jujur dan terus terang, dimana masalah pelayanan penyediaan air bersih tidak sesuai dengan keinginan para konsumen pengguna jasa PDAM. Pada saat ini sulit untuk mendapatkan air bersih sesuai standar kesehatan, keadaan ini menjadi masalah yang sangat serius. Hal tersebut dapat dilihat dari belum meratanya perolehan air bersih disetiap daerah, baik untuk sumber airnya maupun pelayanannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk pelayanan penyediaan air bersih, faktor yang mendorong dan menghambat pelayanan penyediaan air bersih serta mengetahui dan mendeskripsikan langkah-langkah PDAM Kabupaten Tuban dalam memperbaiki kinerja pelayanan penyediaan air bersih. Untuk membahas permasalahan di atas, maka dilakukanlah penelitian guna pengumpulan data untuk dibahas, dikaji dan dianalisis. Dalam menganalisis data dan permasalahan dipergunakan analisis deskriftif kualitatif dengan menempuh cara reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi data untuk melihat derajad atau kebenaran dari hasil penelitian guna menjawab permasalahan yang diajukan. Hasil Penelitian yang dilakukan melalui pengumpulan data yang diperoleh dari observasi, dokumenter dan wawancara, kemudian data diolah dan dianalisis dengan model interaktif. Berdasarkan hasil analisis data, bahwa pelayanan penyediaan air bersih oleh PDAM Kabupaten Tuban cukup memberikan kepuasan kepada pelanggan, walaupun masih belum mampu memberikan pelayanan secara optimal. Faktor pendorong pelayanan penyediaan air bersih adalah air baku layak dikonsumsi, kesadaran masyarakat terhadap pentingnya air bersih cukup tinggi dan adanya komitmen Pemerintah Kabupaten Tuban menarik investor dan adanya kerjasama dengan pihak swasta, sedangkan factor penghambat banyaknya sumber air belum dapat dioptimalkan, karena investasi air merupakan padat modal, kemampuan anggaran PDAM sendiri terbatas dan terbatasnya tenaga ahli bidang air bersih. Untuk meningkatkan pelayanan penyediaan air bersih, PDAM melakukan langkah-langkah dengan jumlah sumber air baru, pemeliharaan pipa air bersih dan peningkatan pemeriksaan laboratorium terhadap kualitas air bersih.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/380/050802899
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 08 Oct 2008 08:19
Last Modified: 23 Oct 2021 06:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113774
[thumbnail of 050802899.pdf]
Preview
Text
050802899.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item