Upaya Kecamatan Wagir Kabupaten Malang dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik

IkaYanuarPribadi, (2008) Upaya Kecamatan Wagir Kabupaten Malang dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis upaya peningkatan kualitas pelayanan publik (masyarakat) di kecamatan wagir kabupaten malang, serta mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung upaya pelaksanaan pelayanan publik di kecamatan wagir. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan sumber data primer dan data sekunder. Peneliti menggunakan teknik random sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara acak. Tempat penelitian ini dilaksanakan di kantor kecamatan wagir kabupaten malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, data yang terkumpul direduksi, disajikan kemudian ditarik kesimpulan (analisis kualitatif) sampai mendapatkan keabsahan data. Untuk dapat melihat efektifitas kinerja pelayanan publik pada penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia khususnya di kabupaten malang ini, salah satu ujung tombaknya adalah kecamatan wagir, sebagai instansi/organisasi yang berhubungan langsung dengan masyarakat dan berwenang mengurusi otoritas daerahnya dengan pelayanan publik merupakan salah satu tujuan utama dalam meningkatkan kinerja di sektor pelayanan agar supaya dapat lebih baik dan efektif, dengan melihat fenomena yang dihadapi tersebut diharapkan bagi pemerintah kecamatan wagir agar selalu dapat meningkatkan pelayanan yang diberikan. Dalam upaya untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik inilah, maka kecamatan wagir sebagai penyedia pelayanan yang langsung diberikan kepada masyarakat wagir. menjabarkan mengenai pelaksanaan pelayanan publik di kecamatan wagir, dimana didalamnya dapat dijabarkan yaitu tentang bagaimana proses pelayanan publik yang diberikan oleh petugas pelayanan kecamatan wagir, ketepatan waktu pelayanan publik, bagaimanakah biaya pelayanan publik yang diberikan dan nominal biaya yang diberikan, macammacam pelayanan publik yang ada dan fasilitas pelayanan publik. Kemudian dapat diketahui juga dalam upaya meningkatkan pelayanan publik yaitu dengan melihat sarana dan prasarana pelayanan publik yang memadai dalam meningkatkan pelayanan publik, kemampuan dari pegawai kecamatan dalam meningkatkan pelayanan publik, dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan oleh para pegawai kecamatan dalam pelayanan publik. Dari pelaksanaan pelayanan publik (masyarakat) dapat diketahui bahwa apakah sudah efektif dan efisien kecamatan wagir dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Melalui analisis dengan cara mereduksi, memilih dan menarik kesimpulan dapat mengetahui faktor-faktor pendukung yang dihadapi instansi pemerintah dan masyarakat/penduduk dalam pelaksanaan pelayanan publik (masyarakat). Selain itu dapat juga mengetahui faktor-faktor penghambat yang dihadapi dilapangan oleh instansi maupun masyarakat dalam melaksanakan pelayanan publik. Sehingga dapat mengetahui kelemahan/kekurangan dan kelebihan dari pelayanan yang diberikan tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/378/050802897
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2008 11:01
Last Modified: 23 Oct 2021 06:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113772
[thumbnail of 050802897.pdf]
Preview
Text
050802897.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item