Analisis Rasio Keuangan Sebagai Salah Satu Alat Untuk Menilai Kinerja Koperasi : Studi Kasus pada KP-RI Sejahtera Jombang.

DianKusumawardani (2008) Analisis Rasio Keuangan Sebagai Salah Satu Alat Untuk Menilai Kinerja Koperasi : Studi Kasus pada KP-RI Sejahtera Jombang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kinerja keuangan koperasi dapat diketahui dari laporan keuangan koperasi yang bersangkutan, begitu juga dengan KP-RI Sejahtera, dalam penyajian laporan keuangan, terdapat piutang yang belum dapat tertagih dan jumlahnya bertambah dari tahun 2005 sampai tahun 2007, selain itu KP-RI Sejahtera juga mengalami pergantian pimpinan, yang akhirnya menjadikan pimpinan baru harus mengetahui seluruh kinerja koperasi pada masa kepemimpinan sebelumnya terutama dalam bidang keuangan agar dapat mengevaluasi kinerja keuangan KP-RI Sejahtera serta mengambil keputusan untuk meningkatkan kinerja keuangan koperasi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kinerja keuangan koperasi dinilai dari analisis rasio berdasarkan Klasifikasi Koperasi dan Penilaian Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam dan Unit Simpan Pinjam berdasarkan Departemen Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu metode penelitian yang menjelaskan dan menggambarkan obyek penelitian secara sistematis dan terperinci guna mendapatkan hasil yang lebih jelas dan akurat mengenai kinerja keuangan KP-RI Sejahtera. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan pada tahun 2005-tahun 2007 dapat diketahui bahwa kinerja keuangan KP-RI Sejahtera berdasarkan Penilaian Klasifikasi Koperasi termasuk klas D dengan peringkat kurang baik sedangkan kinerja keuangan KP-RI Sejahtera untuk Penilaian Kesehatan Koperasi Simpan Pinjam Dan Unit Simpan Pinjam memperoleh predikat cukup sehat. Saran yang dapat menjadi pertimbangan bagi koperasi adalah melakukan efisiensi terhadap beban operasional, meningkatkan pendapatan, meningkatkan cadangan resiko, mengoptimalkan modal sendiri dan aktiva yang dimiliki untuk menghasilkan SHU yang besar dan menetapkan kebijaksanaan yang baik dalam pemberian dan pengembalian pinjaman kepada anggota.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/360/050802747
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Sep 2008 13:01
Last Modified: 23 Oct 2021 06:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113757
[thumbnail of 050802747.pdf]
Preview
Text
050802747.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item