Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Publik Dan Tingkat Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Sukun Kota Malang

HisyamAsyari (2008) Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Publik Dan Tingkat Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Sukun Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan publik yang baik dan berkualitas merupakan suatu impian dan cita-cita yang diharapkan oleh semua lapisan masyarakat yang ada di semua negara di dunia. Pelayanan yang berorientasi pada kepentingan publik yang diwujudkan dalam pelaksanaan tugas dan peran serta dari aparatur negara sebagai abdi masyarakat harus disertai pula dengan peningkatan kualitas dan kinerja dimana menjadi syarat wajib yang harus dimiliki oleh tiap-tiap birokrat. Dengan meningkatkan kualitas pelayanan publik, diharapkan mampu memberikan penilaian positif dari masyarakat berupa kepuasan atas pelayanan yang yang telah didapatkan. Penelitian ini dilakukan untuk menguji antara hubungan dan pengaruh antara kualitas pelayanan publik dan tingkat kepuasan masyarakat di Kecamatan Sukun Kota Malang Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (explanatory research), yakni menjelaskan hubungan kausal dan pengujian hipotesa dimana dalam penelitian ini akan dijelaskan adanya hubungan kausal atau sebab akibat antara variabel-variabel yang diteliti dan sejauh mana hubungan terjadi. Dari Uji Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini menunjukan bahwa dalam pengujian analisis korelasi Spearman, terdapat hubungan yang substansial, kuat, dan searah antara variabel kualitas pelayanan publik dengan tingkat kepuasan masyarakat.sedangkan pada uji linier sederhana, terdapat pengaruh positif antara kualitas pelayanan publik dan tingkat kepuasan masyarakat. Dengan penelitian ini diharapkan ke depan pelayanan publik yang ada di Kantor Kecamatan Sukun lebih ditingkatkan lagi menuju pelayanan prima, hal ini sesuai dengan salah satu visi Kecamatan Sukun Kota Malang yaitu terwujudnya Kecamatan sebagai pelopor pelayanan masyarakat terbaik dan bertanggung jawab menuju ke arah pelayanan prima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/357/050802744
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 22 Sep 2008 09:06
Last Modified: 23 Oct 2021 06:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113753
[thumbnail of 050802744.pdf]
Preview
Text
050802744.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item