Penerapan Sistem Manajemen Informasi Obyek Pajak (SISMIOP) Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Bagi Wajib Pajak (Pajak Bumi DAN Bangunan ) : studi Pada Kantor Pelayanan Pajak pratama Malang Utara

HariKurniawan (2008) Penerapan Sistem Manajemen Informasi Obyek Pajak (SISMIOP) Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Bagi Wajib Pajak (Pajak Bumi DAN Bangunan ) : studi Pada Kantor Pelayanan Pajak pratama Malang Utara. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan Nasional mempunyai tujuan utama untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia. Dalam pelaksanaan Pembangunan Nasional dibutuhkan sumber dana untuk merealisasikannya, sumber dana tersebut berasal dari penerimaan negara. Salah satu sumber penerimaan negara adalah berasal dari pajak. Objek Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang berupa tanah mempunyai nilai yang semakin meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini disebabkan oleh permintaan yang semakin tinggi, sedangkan persediaan tanah terbatas. Objek PBB lainnya yang berupa bangunan, jumlahnya akan semakin meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan jumlah bangunan disebabkan bertambahnya jumlah penduduk, yang berarti bertambah pula kebutuhan akan tempat hunian. Menyadari akan banyaknya jumlah obyek pajak maupun luasnya wilayah kerja yang harus didata, maka diadakan pembentukan Basis Data yang mengacu ke pola SISMIOP (Sistem Manajemen Informasi Obyek Pajak). Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Malang Utara merupakan salah satu instansi di bawah Direktorat Jenderal Pajak yang menangani segala macam masalah perpajakan di sebagian daerah di kota Malang. Sebagai upaya pelayanannya terhadap masyarakat, obyek pajak Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) khususnya, maka di KPP Pratama Malang Utara diterapkan Sismiop yaitu suatu basis data yang akurat dan up to date dengan mengintegrasikan semua aktivitas administrasi PBB dalam suatu wadah, sehingga pelaksanaannya dapat lebih seragam, sederhana, cepat, dan efisien yang dikelola melalui suatu sistem. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara . Fokus penelitian ini adalah penerapan Sistem Manajemen Informasi Obyek Pajak (SISMIOP) dalam upaya meningkatkan pelayanannya bagi wajib pajak, dan kualitas sistem manajemen informasi obyek pajak dalam pelayanannya terhadap obyek pajak. Lokasi penelitian dilakukan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara yang beralamat di jalan Jaksa Agung Suprapto No 29-31 Malang (65112). Sumber data primer diperoleh melalui pengamatan langsung dari sumbernya, diamati dan dicatat untuk pertama kalinya oleh peneliti dari KPP Pratama Malang Utara yang menjadi obyek penelitian, sedangkan data sekunder diperoleh secara tidak langsung oleh peneliti atau melalui media perantara (diperoleh dan dicatat oleh pihak lain). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi,danstudi literatur dai buku-buku. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan mendiskripsikan penerapan SISMIOP, mendiskripsikan kualitas sistem pelayanannya, menjabarkan tentang sejarah, dan struktur organisasinya, menjabarkan tentang pola pengelolaan sistem pelayanannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SISMIOP pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara dipandang sebagai dukungan teknologi, dan konsep sistem perpajakan modern yang digunakan oleh KPP Pratama sebagai wujud pelayanannya terhadap wajib pajak. Selain itu KPP Pratama Malang Utara didukung tenaga kerja yang terampil, dan pengetahuan lebih mengenai teknologi serta didukung oleh sistem informasi dan infrastruktur teknologi sebagai penunjang keberhasilannya. Maka tujuan perpajakan sebagai salah satu tonggak perekonomian bangsa dapat tercapai. Sistem informasi pendukung SISMIOP antara lain Sistem Informasi Geografis (SIG),aplikasi e-Filling dan e-SPT , basis data oracle . Sedangkan infrastruktur teknologi pendukung SISMIOP yaitu Intranet (LAN & WAN), Situs web , serta software dan hardware lain. Adapun sistem pelayanan yang diterapkan yaitu pelayanan Informasi via Telepon (PIT), kemudahan pembayaran pajak oleh wajib pajak yang jangkauannya jauh dari Kantor Pelayanan Pajak melalui bank-bank tertentu yang telah ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Pajak serta pemanfaatan teknologi informasi yang baik. Secara garis besar penerapan SISMIOP pada KPP Pratama Malang Utara memberikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat (Wajib Pajak) melalui pelayanan-pelayanan yang ada, seperti pelayanan Informasi via Telepon (PIT), kemudahan pembayaran pajak oleh wajib pajak yang jangkauannya jauh dari Kantor Pelayanan Pajak melalui bank-bank tertentu yang telah ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Pajak serta pemanfaatan teknologi informasi yang baik sehingga menciptakan efektifitas dan efisiensi pelayanan dan keakuratan data dapat dipercaya. Serta wajib pajak merasakan kepuasaan dengan pelayanan yang diterapkan yang juga merupakan salah satu tujuan dari perpajakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/346/050802687
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 22 Sep 2008 08:10
Last Modified: 23 Oct 2021 05:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113742
[thumbnail of 050802687.pdf]
Preview
Text
050802687.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item