Penerapan Analisis Strength, Weaknesses, Oportunities, Threats (SWOT) Sebagai Dasar Penetapan Strategi Pemasaran : Studi pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office.

DellaMadhaMyristica (2008) Penerapan Analisis Strength, Weaknesses, Oportunities, Threats (SWOT) Sebagai Dasar Penetapan Strategi Pemasaran : Studi pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office merupakan perusahaan asuransi jiwa tertua dan satu-satunya BUMN yang bergerak dalam bidang asuransi jiwa. Layanan jasa asuransi yang ditawarkan terbagi menjadi dua bagian yaitu produk asuransi perorangan dan produk asuransi kumpulan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian dilaksanakan di PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office yang berlokasi di Jl. Merdeka Barat no. 4-6 Malang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi lingkungan internal yang dianggap sebagai kekuatan dan kelemahan perusahaan, lingkungan eksternal yang dapat menjadi peluang dan ancaman, dan menentukan strategi yang tepat untuk diterapkan. Teknik analisis datanya adalah dengan mengumpulkan data sebanyak-banyaknya dan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis IFAS, EFAS, SWOT, Matriks Internal- External (IE) dan Matriks QSPM. Berdasarkan hasil analisis IFAS dapat diketahui bahwa kekuatan memiliki produk yang bervariatif, letak kantor yang strategis, proses yang tidak berbelitbelit, sumber daya manusia yang memiliki loyalitas, satu-satunya perusahaan asuransi milik pemerintah, dan ekuitas merek yang baik. Kelemahan yang dimiliki adalah promosi yang dilakukan kurang gencar, tingkat pendidikan karyawan kurang, memiliki produk yang berkaitan dengan kurs dollar yang berfluktuatif, pangsa pasar yang masih rendah, dan masih ada SDM yang belum memanfaatkan teknologi secara maksimal. Melalui analisis EFAS diketahui bahwa PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office memiliki beberapa peluang yang harus dimanfaatkan, antara lain kemajuan teknologi, jumlah penduduk yang meningkat, tingkat pendidikan yang semakin tinggi, pendapatan masyarakat meningkat dan potensi pasar yang bisa dimanfaatkan cukup besar. Ancaman tingkat inflasi yang belum stabil, ancaman pendatang baru, persaingan diantara perusahaan asuransi jiwa, citra perusahaan BUMN yang masih buruk di mayarakat, citra asuransi yang masih kurang bagus di mata masyarakat. Berdasarkan hasil analisis IFAS dan EFAS untuk sumbu horizontal matriks IE ini adalah IFAS total weight score sebesar 3,10 sedangkan sumbu vertikalnya adalah EFAS total weight score sebesar 3,40. maka dari hasil analisis matriks IE di atas diketahui bahwa posisi perusahaan berada pada kuadran I, strategi-strategi yang cocok bagi perusahaan adalah strategi intensif atau strategi terintegrasi. Untuk menentukan strategi yang paling tepat untuk perusahaan maka digunakan matriks QSPM dan hasil analisis tersebut menyebutkkan bahwa strategi intensif adalah strategi yang sebaiknya diprioritaskan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/311/050802513
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Sep 2008 09:15
Last Modified: 23 Oct 2021 04:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113707
[thumbnail of 050802513.pdf]
Preview
Text
050802513.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item