Pengaruh Bauran Ritel (Retailing Mix) terhadap Keputusan Pembelian : Survai pada Konsumen Indomaret Jalan Veteran no. 76 Blitar.

CaturRahayuningtiyas (2008) Pengaruh Bauran Ritel (Retailing Mix) terhadap Keputusan Pembelian : Survai pada Konsumen Indomaret Jalan Veteran no. 76 Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bisnis ritel merupakan suatu jenis usaha perdagangan yang telah diberi nilai tambah, berhubungan dengan penjualan produk atau jasa, dimana merupakan saluran terakhir dari produsen ke konsumen untuk tujuan pribadi atau keluarga. Dalam melaksanakan bisnis ritel, para pelaku bisnis ritel dituntut untuk memiliki pemahaman yang jelas terhadap keseluruhan faktor yang mempengaruhi konsumen dalam keputusannya untuk melakukan pembelian seperti; Produk, Harga, Promosi, Lokasi, Pelayanan serta Desain dan Tampilan Toko atau secara keseluruhan biasa disebut dengan Bauran Ritel ( Retailing mix ) guna memperlancar bisnis mereka. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Bauran Ritel ( Retailing Mix ) Terhadap Struktur Keputusan Pembelian yang dilakukan konsumen pada Indomaret jalan Veteran no. 76 Blitar dan untuk mengetahui variabel-variabel Bauran Ritel ( Retailing Mix ) yang mempunyai pengaruh dominan terhadap Struktur Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory dengan metode survai untuk menyoroti adanya hubungan antara variabel-variabel dalam konsep Bauran Ritel ( Retailing Mix ) yang meliputi: Produk, Harga, Promosi, Lokasi, Pelayanan, serta Desain dan Tampilan Toko terhadap variabel terikat yaitu Struktur Keputusan Pembelian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner, teknik pengambilan sampel adalah menggunakan teknik accidental sampling . Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 75 orang konsumen Indomaret jalan Veteran no. 76 Blitar. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, korelasi berganda, regresi linier berganda, dan regresi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara serentak ( simultan ) variabel bebas dalam konsep Bauran Ritel ( Retailing Mix ) yang meliputi Produk, Harga, Promosi, Lokasi, Pelayanan, serta Desain dan Tampilan Toko mempunyai hubungan yang signifikan terhadap variabel terikat Struktur Keputusan Pembelian, dengan nilai F-hitung sebesar 13,300 dan nilai probabilitas sebesar 0,000. Analisis regresi parsial menunjukkan bahwa variabel Desain dan Tampilan Toko merupakan variabel yang dominan pengaruhnya terhadap Struktur Keputusan Pembelian. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t-hitung sebesar 5,792 dengan probabilitas sebesar 0,000 dan didukung nilai koefisien regresi terbesar yaitu 0,659

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/308/050802510
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Sep 2008 09:03
Last Modified: 23 Oct 2021 04:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113703
[thumbnail of 050802510.pdf]
Preview
Text
050802510.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item