Faktor-Faktor Penentu Atribut Produk dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Notebook Acer : Survey pada mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Malang yang menggunakan notebook acer

CintyaHerlanyWidiastuty (2008) Faktor-Faktor Penentu Atribut Produk dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Notebook Acer : Survey pada mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Malang yang menggunakan notebook acer. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Makin bergairahnya bisnis notebook sesungguhnya sudah bisa dibaca dari aktivitas promosi di media cetak yang muncul hampir setiap hari. Pada umumnya konsumen membeli suatu produk berdasarkan beberapa pertimbangan diantaranya atribut yang melekat pada produk dengan kata lain sering konsumen menilai suatu produk dari atribut yang melekat pada produk tersebut. Pemilihan notebook Acer sebagai bahan penelitian disebabkan acer menjadi produsen komputer dengan penjualan notebook tertinggi di Indonesia selama tiga tahun berturut-turut. Total penjualan Personal Computer (PC) Acer, termasuk notebook dan desktop, pada 2007 juga di peringkat pertama mengalahkan Hawlett Packard dan Toshiba. Menurut Simamora (2001 : 147) elemen-elemen atribut produk meliputi : merek, harga kualitas, kelengkapan fungsi (fitur), desain, layanan purna jual suatu produk akan sangat menentukan explanatory . Penelitian explanatory yaitu suatu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel penelitian dan pengujian hipotesa.Berdasarkan uraian diatas penelitian mengambil suatu rumusan masalah 1) Faktor-faktor atribut produk apa saja yang menjadi pertimbangan konsumen dalam melakukan pembelian notebook acer?. 2) Faktor-faktor atribut produk apakah yang mempengaruhi keputusan pembelian notebook acer? Untuk mendukung analisis digunakanlah analisis faktor untuk menjawab pertanyaan pertama dan analisis regresi untuk menjawab analisis kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pendekatan analisis faktor dengan hasil Eigen Value faktor layanan purna jual menjadi pertimbangan utama dimana Kontribusi varian dari faktor layanan purna jual adalah sebesar 28,4% dengan eigen value 8.52. Hal tersebut berarti dalam pemilihan atribut produk para responden mempertimbangkan berbagai macam atribut produk seperti kualitas, kelengkapan fungsi, desain produk, layanan purna jual, jaminan. Secara keseluruhan responden menempatkan alasan yang logis dalam pemilihan atribut produk seperti jaminan, dealer resmi, layanan purna jual,dll. Responden menempatkan desain produk dan merk dalam pemilihan atribut produk terakhir karena diindikasikan responden lebih mementingkan layanan, fungsi dan jaminan. Sedangkan variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk acer berturut turut adalah jaminan, kualitas, dan harga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/285/050802399
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Sep 2008 08:36
Last Modified: 23 Oct 2021 04:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113680
[thumbnail of 050802399.pdf]
Preview
Text
050802399.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item