Pemilihan Saluran Distribusi Dalam Rangka Meraih Pasar sasaran : Studi pada PR. Djagung Padi Malang.

FitriahNilaChrisna (2008) Pemilihan Saluran Distribusi Dalam Rangka Meraih Pasar sasaran : Studi pada PR. Djagung Padi Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Distribusi merupakan suatu kegiatan yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan dalam rangka untuk menyebarkan persediaan produk di pasar sehingga konsumen memperoleh kemudahan dalam upaya mendapatkan produk yang diharapkan untuk memenuhi kebutuhan. Pemahaman tentang kebutuhan dan keinginan konsumen yang bervariasi menjadi pedoman bagi rancangan pemilihan saluran distribusi. Hal ini sesuai dengan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pelaksanaan pemilihan saluran distribusi yang telah dilakukan PR. Djagung Padi Malang dalam rangka meraih pasar sasarannya?”. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kegiatan secara menyeluruh mengenai pelaksanaan pemilihan saluran distribusi yang telah dilakukan oleh PR. Djagung Padi Malang dalam rangka meraih pasar sasarannya. Penelitian ini dilakukan pada PR. Djagung Padi Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, penelitian deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan antara variabel satu dengan variabel yang lain. Variabel yang digunakan untuk menentukan batasan penelitian sehingga variabel yang diteliti tidak terlalu luas, variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah pemilihan saluran distribusi (tipe saluran distribusi, jumlah perantara pengecer saluran distribusi, pemilihan bentuk saluran distribusi dan fungsi-fungsi saluran distribusi yang dilakukan). Variabel pasar sasaran yang terdiri dari segmentasi pasar (segmentasi geografis, segmentasi demografis, segmentasi psikografis), penargetan pasar (penyeleksian pasar sasaran dan beberapa kriteria pasar sasaran yang optimal) dan penentuan posisi produk (mengidentifikasi keunggulan bersaing yang mungkin, memilih keunggulan bersaing yang tepat, serta mengkomunikasikan dan menyampaikan posisi yang dipilih). Hasil penelitian diketahui bahwa kebijakan saluran distribusi PR. Djagung Padi Malang adalah dengan memilih tipe saluran distribusi vertikal, digunakanya tipe saluran distribusi vertikal ini, mempunyai dua keuntungan yaitu: mengefektifkan saluran distribusi yang ada dan pengawasan saluran distribusi yang mudah. Jumlah perantara dan pengecer yang dilakukan PR. Djagung Padi Malang adalah eksklusif, karena perusahaan hanya menggunakan satu saluran distribusi saja. Pemilihan bentuk saluran distribusi yang digunakan yaitu Produsen–Agen-Pengecer- Konsumen, alasan perusahaan hanya menggunakan satu bentuk saluran distribusi, yaitu karena cangkupan pasar yang tidak terlalu luas dan kapasitas produksi yang tidak terlalu besar. Fungsi-fungsi saluran distribusi yang dilakukan perusahaan adalah: fungsi informasi, fungsi promosi, fungsi negoisasi, fungsi pesanan, fungsi pengambilan resiko, dan fungsi transportasi. Pasar sasaran yang dimasuki oleh PR. Djagung Padi Malang yaitu: daerah pemasaran Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan, segmentasi demografis yang dituju adalah: usia 25 tahun keatas, pria dan wanita, kelas sosial menengah kebawah dan berpenghasilan kurang dari Rp.500.000 per bulan. Kebijakan saluran distribusi dalam mencapai pasar sasaran yang dilakukan perusahaan sudah tepat, oleh karena itu dari hasil penelitian ini, menyarankan agar perusahaan mempertahankan kebijakan saluran distribusi yang telah dilakukan perusahaan, karena telah mencapai pasar sasaran yang diingikan, dengan cara mempertahankan dan mengidentifikasikan lebih lanjut kebijakan pasar sasaran yang dilakukan oleh PR. Djagung Padi Malang karena permintaan pasar sewaktu-waktu dapat berubah, meningkatkan produktifitas perusahaan agar dapat memperluas pasar sasaran dengan cara meningkatkan produksi perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/281/050802395
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Sep 2008 09:55
Last Modified: 23 Oct 2021 04:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113676
[thumbnail of 050802395.PDF]
Preview
Other
050802395.PDF

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item