Peranan Serikat Pekerja Dalam Mengakomodasi Kepentingan Pekerja dan Membina Hubungan Industrial Yang Harmonis : Studi Pada SPSI Unit PT. Pesona Remaja, Malang.

IkaNurChasanah (2008) Peranan Serikat Pekerja Dalam Mengakomodasi Kepentingan Pekerja dan Membina Hubungan Industrial Yang Harmonis : Studi Pada SPSI Unit PT. Pesona Remaja, Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada Prinsipnya semua pihak mempunyai kepentingan atas kelangsungan perusahaan baik itu pemerintah, pengusaha, pekerja maupun masyarakat. Atas dasar itulah dalam hubungan kerja yang melibatkan pengusaha dan bekerja memerlukan adanya hubungan industrial yang harmonis agar suasana kerja menjadi kondusif dan semua aktifitas perusahaan dapat berjalan dengan lancar. Serikat Pekerja sebagai wakil dari pekerja dalam aktifitasnya mempuyai tujuan untuk mengakomodasi kepentingan pekerja yang mana bertentangan dengan kepentingan pengusaha namun di sisi lain Serikat Pekerja juga mempunyai peran untuk membina hubungan industrial yang harmonis demi kelangsungan perusahaan dan kepentingan semua pihak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitiannya adalah 1)Peranan Serikat Pekerja dalam mengakomodasi kepentingan pekerja yang turunannya adalah mewadahi aspirasi anggota, mengakomodasi kepentingan pekerja, serta bentuk kepentingan pekerja yang telah terakomodasi dan 2) Peranan Serikat Pekerja dalam membina hubungan industrial yang harmonis yang turunannya adalah prosedur keluhan pekerja, prosedur disiplin pekerja, pembuatan Perjanjian Kerja Bersama serta penyelesaian perselisihan hubungan industrial. Sumber data primer adalah pengurus Serikat Pekerja, pihak personalia dan pekerja. Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat digambarkan bahwa Serikat Pekerja telah berperan dalam mengakomodasi kepentingan pekerja yaitu mengupayakan apa yang menjadi kepentingan pekerja bisa berwujud menjadi hak pekerja yang harus dipenuhi oleh pengusaha. Adapun bentuk upaya itu berupa kenaikan upah, penambahan tunjangan dan fasilitas bagi pekerja. Serikat Pekerja juga berperan dalam membina hubungan industrial yang harmonis yaitu dengan terlibat dalam prosedur keluhan pekerja dimana Serikat Pekerja bisa mendampingi pekerja untuk menyelesaikan keluhannya jika dengan atasan kerjanya keluhan ini belum dapat diselesaikan, Serikat pekerja juga berperan mencegah tindakan indisipliner pekerja sehingga tidak terjadi pelanggaran oleh pekerja, serta serikat pekerja terlibat dalam pembuatan Perjanjian Kerja Bersama yang merupakan dasar hubungan kerja antar pekerja dan pengusaha, selain itu Serikat Pekerja berperan dalam menyelesaikan perselisihan kepentingan antara pengusaha dan pekerja melalui perundingan bipartit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/270/050802194
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Sep 2008 08:34
Last Modified: 23 Oct 2021 04:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113667
[thumbnail of 050802194.pdf]
Preview
Text
050802194.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item