Evaluasi Atas Sistem Akuntansi Penjualan dan Penerimaan Kas Sebagai Salah Satu Upaya Meningkatkan Pengendalian Intern : Studi Kasus Pada Perusahaan Tegel Indah Cemerlang Singosari- Malang.

HermaMelati (2008) Evaluasi Atas Sistem Akuntansi Penjualan dan Penerimaan Kas Sebagai Salah Satu Upaya Meningkatkan Pengendalian Intern : Studi Kasus Pada Perusahaan Tegel Indah Cemerlang Singosari- Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Suatu perusahaan yang didirikan oleh seorang atau sekelompok orang pada hakekatnya selalu mempunyai tujuan. Salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan adalah mencapai laba yang optimal dari hasil produksi yang telah direncanakan untuk menjaga kontinuitas perusahaan yang didukung penuh oleh aktivitas perusahaan. Sistem akuntansi penjualan dan penerimaan kas sangat penting diterapkan didalam sebuah perusahaan, karena sistem akuntansi dapat digunakan sebagai alat untuk mengetahui nilai dan mengendalikan perusahaan dalam mencapai tujuannya. Untuk menjamin terlaksananya sistem penjualan dan penerimaan kas yang efisien dan efektif diperlukan adanya pengendalian intern yang baik. Pengendalian intern merupakan suatu cara yang dapat mengawasi dan memberikan informasiinformasi bagi perusahaan yang berguna bagi perusahaan untuk mengamankan sumber-sumber atau harta kekayaan perusahaan, mengkoordinasi bagian-bagian yang ada agar dapat meningkatkan operasional perusahaan serta mencegah dari penyimpangan terhadap kebijakan manajemen yang telah ditetapkan. Dewasa ini, usaha dibidang property bertambah pesat, hal ini diikuti pula dengan semakin maraknya perusahaan yang bergerak dibidang penyediaan bahan baku pembuat bangunan. Perusahaan Indah Cemerlang Singosari-Malang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang bahan baku pembuat bangunan. Berbagai permasalahan yang muncul terkait dengan perkembangan usaha ini harus mampu diatasi. Keamanan harta milik perusahaan menjadikan alasan utama diperlukan suatu evaluasi kembali terhadap kebenaran-kebenaran data akuntansi yang selama ini telah menjadi kebijakan manajemen perusahaan terutama didalam aktivitas penjualan dan penerimaan kas. Landasan teori yang digunakan dalam penulisan ini adalah sistem akuntansi, sistem akuntansi penjualan dan penerimaan kas, sistem pengendalian intern. Jenis penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif pendekatan studi kasus dengan fokus penelitian pada struktur organisasi, formulir dan dokumen yang digunakan, prosedur sistem akuntansi penjualan dan penerimaan kas serta pengendalian intern pada sistem akuntansi penjualan dan penerimaan kas. Berdasarkan hasil analisis, Perusahaan Tegel Indah Cemerlang Singosari- Malang terdapat kelemahan pada struktur organisasi, formulir yang digunakan, kelemahan pada sistem penjualan dan penerimaan kas. Kelemahan – kelemahan tersebut dapat diminimalisir dengan memberikan saran perbaikan terhadap pemisahan bagian dalam struktur organisasi, perbaikan formulir yang digunakan dan keefisienan dalam pelaksanaan sistem penjualan dan penerimaan kas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/239/050801904
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Aug 2008 15:21
Last Modified: 23 Oct 2021 03:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113639
[thumbnail of 050801904.pdf]
Preview
Text
050801904.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item