Analisis Elastisitas Biaya Bauran Promosi terhadap Omzet Penjualan : Studi pada Perusahaan Garment, PT Pesona Remaja di Malang

AnisHidhayati (2008) Analisis Elastisitas Biaya Bauran Promosi terhadap Omzet Penjualan : Studi pada Perusahaan Garment, PT Pesona Remaja di Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Promosi merupakan faktor yang dominan dalam mempengaruhi volume penjualan. Promosi mempunyai hubungan yang positif terhadap volume penjualan. Melalui promosi perusahaan dapat menentukan distribusi yang optimal dari setiap metode promosi yang digunakan. Dalam menentukan variabel promosi yang terdiri dari : periklanan, promosi penjualan ( sales promotion ), penjualan pribadi ( personal selling ), hubungan masyarakat, dan penjualan langsung ( direct marketing ), perusahaan harus mempertimbangkan efektivitas variabel-variabel tersebut. Di samping itu, perusahaan juga harus mempertimbangkan atau menyesuaikan dengan dana yang tersedia untuk kegiatan promosi tersebut. Pada penerapannya promosi tidak selalu memberikan keberhasilan yang diharapkan, yaitu peningkatan omzet penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kepekaan (elastisitas) biaya bauran promosi dalam mempengaruhi omzet penjualan. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksplanatori. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa analisis, yaitu analisis pertumbuhan yang ditujukan untuk mengetahui perkembangan biaya promosi dan omzet penjualan, analisis elastisitas yang ditujukan untuk mengetahui kepekaan biaya promosi (variabel independen) dalam mempengaruhi omzet penjualan (variabel dependen), dan analisis regresi linier berganda yang ditujukan untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara simultan. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa bentuk kegiatan promosi yang telah dilakukan oleh perusahaan berhasil mencapai tujuannya. Berdasarkan analisis pertumbuhan diketahui bahwa dengan meningkatnya biaya promosi, maka volume penjualan akan meningkat pula. Dimana dari volume penjualan dan harga yang telah ditentukan, dapat diketahui omzet penjualan yang diperoleh perusahaan. Pada analisis elastisitas dapat diketahui bahwa tingkat kepekaan (elastisitas) biaya promosi bersifat inelastis. Tingkat elastisitas X 1 (biaya periklanan) mempunyai nilai sebesar 0,374; tingkat elastitas X 2 (biaya promosi penjualan) mempunyai nilai sebesar 0,687; dan tingkat elastisitas X 3 (biaya humas dan publisitas) mempunyai nilai sebesar -0,196. Tanda positif pada variabel X 1 dan variabel X 2 dapat diartikan bahwa arah hubungannya dengan omzet penjualan bersifat searah. Sedangkan tanda negatif pada variabel X 3 menunjukkan bahwa arah hubungannya dengan omzet penjualan bersifat berlawanan. Selanjutnya pada analisis regresi linier berganda dapat diketahui besarnya pengaruh variabel X 1 , X 2 , dan X 3 terhadap Y sebesar 0,988. Angka tersebut menunjukkan bahwa 98,8% omzet penjualan celana jeans PT Pesona Remaja dipengaruhisecara bersamasama oleh variabel biaya periklanan (X 1 ),biaya promosi penjualan(X 2 ), dan biaya humas dan publisitas (X 3 ). Dengan demikian perusahaan dapat membuat kebijakan antara lain mempertahankan efektifitas promosi yang memberikan pengaruh terbesar terhadap peningkatan omzet penjualan dan meningkatkan efektifitas promosi lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/203/050801658
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Jul 2008 11:20
Last Modified: 23 Oct 2021 02:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113601
[thumbnail of 113601] Other
113601

Download (0B)

Actions (login required)

View Item View Item