Evaluasi kualitas sistem informasi berbasis komputer pada sistem manajemen informasi obyek pajak (SISMIOP) : studi kasus pada kantor pelayanan pajak Pratama Batu.

IkaYuzidhaSumanti (2008) Evaluasi kualitas sistem informasi berbasis komputer pada sistem manajemen informasi obyek pajak (SISMIOP) : studi kasus pada kantor pelayanan pajak Pratama Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pajak merupakan salah satu penyumbang penerimaan dalam negeri Indonesia yang berjumlah besar. Pajak terdiri dari berbagai jenis, salah satunya adalah Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Pajak Bumi dan Bangunan merupakan salah satu pajak negara yang dikenakan terhadap tanah dan atau bangunan. Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dikelola oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama yang berada di bawah Direktorat Jenderal Pajak. Menyadari akan banyaknya jumlah obyek pajak maupun luasnya wilayah kerja yang harus didata maka dibentuk Basis Data yang mengacu ke pola SISMIOP (Sistem Manajemen Informasi Obyek Pajak). Tidak jarang sistem informasi yang telah dibangun dengan biaya yang mahal ternyata gagal mencapai tujuannya. Salah satu syarat agar sistem yang dibangun dapat mencapai tujuan adalah kualitas dari sistem tersebut. Penelitian ini diadakan untuk mengetahui bagaimana penerapan SISMIOP pada obyek penelitian, yaitu Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Batu, dan kualitas sistem berdasarkan evaluasi yang dilakukan terhadap SISMIOP. Bentuk penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitiatif-deskriptif. Metode analisis yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu dengan cara mendeskripsikan karakteristik hardware, software aplikasi, topologi jaringan, prosedur pengolahan data dalam bentuk uraian kata-kata dan gambar. Deskripsi tersebut kemudian dibandingkan dengan teori dan konsep yang berasal dari literatur untuk mendapatkan kesimpulan mengenai kualitas sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SISMIOP yang diterapkan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu didukung oleh Local Area Network (LAN) dengan topologi star serta program aplikasi yang membantu pegawai dalam melaksanakan tugas administrasi perpajakan. Sistem yang diterapkan oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu memiliki kualitas yang baik walaupun masih terdapat beberapa kekurangan seperti menu aplikasi yang masih menggunakan aplikasi dari Kantor Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan, biaya pembangunan SISMIOP yang relatif mahal, model database relational yang kurang efisien, belum adanya fasilitas help untuk mempermudah informasi dalam penggunaan SISMIOP, akan tetapi secara keseluruhan kualitas SISMIOP baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/201/050801656
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Jul 2008 11:00
Last Modified: 22 Oct 2021 09:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113599
[thumbnail of 050801656.pdf]
Preview
Text
050801656.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item