Desain Ruang Referensi Digital berbasis Web : Studi pada Ruang Referensi Program Studi Doktor Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.

IntanCandraPK (2008) Desain Ruang Referensi Digital berbasis Web : Studi pada Ruang Referensi Program Studi Doktor Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perpustakaan merupakan penyedia informasi utama pada perguruan tinggi yang dituntut untuk selalu menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman dengan jalan transformasi teknologi dari manual ke digital kemudian ke internet. Adanya peraturan yang tidak memperbolehkan fakultas mendirikan sebuah perpustakaan menjadikan ruang referensi sebagai salah satu sarana penyedia informasi ke dua setelah perpustakaan, sehingga tidak menutup kemungkinan sebuah ruang referensi juga harus berkembang mengikuti jaman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian adalah dokumen-dokumen yang ada pada ruang referensi, pengolahan data pada ruang referensi, dan fungsi dan aplikasi ruang referensi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa sebagian besar kegiatan pengelolaan data pada ruang referensi masih bersifat manual, belum tersedia basis data, tidak ada jaringan komputer, dan belum ada sistem yang menyediakan informasi bagi pengunjung. Saran yang dapat diberikan adalah optimalisasi penggunaan perangkat komputer yang ada, membangun sebuah basis data yang baik untuk mengelola data yang dimiliki, membangun jaringan komputer yang terhubung dengan perpustakaan pusat dan internet dan menyediakan sistem informasi yang mudah didapat pengunjung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/200/050801655
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Jul 2008 10:50
Last Modified: 22 Oct 2021 09:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113598
[thumbnail of 050801655.pdf]
Preview
Text
050801655.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item