Evaluasi Sistem Pemberian Kredit Modal Kerja Dalam Rangka Meningkatkan Pengendalian Intern : Studi Kasus Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Pembantu Lawang.

GitaPuspitaSari (2008) Evaluasi Sistem Pemberian Kredit Modal Kerja Dalam Rangka Meningkatkan Pengendalian Intern : Studi Kasus Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Pembantu Lawang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bank merupakan lembaga keuangan yang mempunyai peranan sangat penting dalam kehidupan sehari–hari. Fungsi bank adalah menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan Giro, Tabungan, Deposito yang disalurkan kembali ke masyarakat dalam bentuk Kredit. Kredit merupakan salah satu produk yang paling diminati pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Melihat peluang jasa ini, PT. Bank Rakyat Indonesia mengeluarkan produk Kredit Modal Kerja dengan tujuan penggunaan untuk membiayai keuangan operasional perusahaan dengan menyertakan jaminan berupa rumah, bangunan beserta tanah yang dimiliki oleh pemohon yang akan mengajukan kredit. Salah satu permasalahan yang timbul dari pemberian Kredit Modal Kerja ini adalah tunggakan kredit yang dilakukan oleh debitur yang bersangkutan baik yang dilakukan secara disengaja maupun tidak sengaja dan dapat pula disebabkan oleh sistem pemberian Kredit Modal Kerja yang diterapkan. Dengan adanya tunggakan kredit tersebut mengakibatkan aktifitas bank menjadi terganggu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Deskriptif dengan pendekatan studi kasus yaitu penelitian yang menggambarkan sistem pemberian Kredit Modal Kerja pada PT. Bank Rakyat Indonesia pada saat permohonan kredit, analisis Kredit, penarikan kredit dan juga monitoring kredit dengan mencari kelemahan dan kemudian memberikan solusi pemecahan terhadap permasalahan yang ada. Analisis pengendalian intern sistem pemberian Kredit Modal Kerja menggunakan acuan teori pengendalian manajemen dalam proses kredit yang menjelaskan unsur-unsur yang harus dipenuhi dalam suatu proses kredit. Unsur-unsur yang harus dipenuhi dalam setiap proses kredit adalah personel yang kompeten dan dapat dipercaya, adanya pemisahan tugas, prosedur otorisasi yang tepat, dokumen dan catatan yang memadai serta kontrol fisik aktiva dan catatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengendalian intern sistem pemberian Kredit Modal Kerja pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Pembantu Lawang telah terlaksana dengan baik, namun dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa kelemahan yang dapat menyebabkan tunggakan kredit. Pengendalian intern kredit merupakan usaha bank dalam mengawasi penyaluran kredit sehingga tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan bank. Pengendalian intern kredit dilaksanakan sebagai tindakan preventif terhadap penyelewengan sehingga dapat mendukung pengendalian intern pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Pembantu Lawang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/185/050801610
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Jul 2008 11:02
Last Modified: 22 Oct 2021 09:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113583
[thumbnail of 050801610.pdf]
Preview
Text
050801610.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item