Saluran Distribusi Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan : Studi pada Perusahaan Agar-agar PT. Srigunting Singosari Malang.

DidikAgungPermono (2008) Saluran Distribusi Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan : Studi pada Perusahaan Agar-agar PT. Srigunting Singosari Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Srigunting Singosari-Malang merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri agar-agar menghadapi tantangan dalam kegiatan pemasaran produkproduknya. Selera komsumen yang semakin berkembang dan banyaknya produk sejenis menuntut perusahaan untuk selalu tanggap. Dalam menghadapi situasi ini perusahaan untuk semakin kreatif dalam melihat peluang dan menciptakan terobosanterobosan baru di bidang pemasaran guna mempertahankan konsumen yang setia dan mencari konsumen baru. Secara umum tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan kebijakan saluran distribusi dalam upaya meningkatkan penjualan pada PT. Srigunting Singosari-Malang. Dalam penelitian ini terdapat dua konsep, yaitu konsep saluran distribusi dan konsep penjualan. Pada konsep saluran distribusi terdiri atas empat variabel, yaitu frekuensi transportasi, frekuensi penyimpanan, frekuensi biaya transportasi dan frekuensi biaya penyimpanan sedangkan konsep penjualan terdiri atas frekuensi volume penjualan dan frekuensi omzet penjualan. Analisis data yang digunakan adalah analisis growth mean , analisis least square estimation dan analisis regresi linier sederhana. Dari perhitungan menggunakan analisis growth mean diketahui rata-rata pertumbuhan omzet penjualan,volume penjualan,aktifitas saluran distribusi dan biaya distribusi mengalami peningkatan. Untuk perhitungan prediksi peningkatan biaya distribusi, omzet penjualan, aktifitas saluran distribusi dan volume penjualan menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis least square estimation . Untuk perhitungan rata-rata pertumbuhan biaya distribusi terhadap omzet penjualan menggunakan analisis regresi linier sederhana, persamaan yang didapat adalah Y= 525.557.836 + 8,94 (X), sementara untuk analisis least square estimation persamaan yang didapat adalah Y’ = 61.305.600 + 1.747.479,70 (X). Sedangkan untuk perhitungan rata-rata pertumbuhan aktifitas saluran distribusi terhadap volume penjualan penjualan menggunakan analisis regresi linier sederhana, persamaan yang didapat adalah Y= 6000 + (- 0,22) (X), sementara untuk analisis least square estimation persamaan yang didapat adalah Y’ = 2.767,4 + -1,90 (X).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/176/050801523
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Jul 2008 09:55
Last Modified: 22 Oct 2021 09:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113573
[thumbnail of 050801523.pdf]
Preview
Text
050801523.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item