Evaluasi atas Implementasi Sistem Akuntansi Produksi, Penjualan dan Penerimaan Kas : studi atas Pelaksanaan Ekspor Usaha Kecil Menengah Sutra di Vientiane, Laos

AnnisaAnjani (2008) Evaluasi atas Implementasi Sistem Akuntansi Produksi, Penjualan dan Penerimaan Kas : studi atas Pelaksanaan Ekspor Usaha Kecil Menengah Sutra di Vientiane, Laos. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem akuntansi produksi, penjualan dan penerimaan kas merupakan sistem yang menunjang suatu usaha, termasuk Usaha Kecil Menengah. Sistem akuntansi produksi merupakan serangkaian prosedur untuk mengawasi kegiatan produksi yang dilakukan di dalam suatu usaha, dimulai dari order produksi hingga tahap produk jadi baik produksi berdasarkan pesanan maupun produksi massa. Sistem akuntansi produksi tidak bisa lepas dari sistem akuntansi biaya yaitu sebuah sistem yang digunakan untuk melakukan pencatatan terhadap biaya yang digunakan oleh perusahaan dalam proses produksi. Sedangkan sistem dan prosedur penjualan merupakan serangkaian prosedur untuk mengawasi kegiatan penjualan baik secara tunai maupun kredit. Kemudian yang terakhir yaitu sistem dan prosedur penerimaan kas adalah serangkaian prosedur yang berfungsi untuk mengawasi penerimaan kas secara tunai maupun melalui piutang. Diperlukannya sistem dalam suatu usaha adalah agar terjadi koordinasi yang baik antara pihak yang terkait dalam suatu kegiatan. Penelitian dilakukan di Vientiane, Laos pada sebuah UKM (Usaha Kecil Menengah) sutra khas negara Laos yang bernama Nikone. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada dasarnya metode deskriptif adalah metode penelitian untuk memperoleh gambaran tentang situasi yang terjadi dan membuat analisis serta kesimpulan pada UKM sutra Nikone mengenai sistem akuntansi produksi, penjualan dan penerimaan kas. Dari penelitian didapat bahwa terdapat kekurangan dan beberapa masalah pada penerapan sistem akuntansi produksi, penjualan dan penerimaan kas pada UKM tersebut yang meliputi struktur organisasi, fungsi yang terkait, formulir yang digunakan serta jaringan prosedur yang membentuk sistem. Oleh karena itu diperlukan perubahan pada struktur organisasi dan fungsi yang terkait. Dan juga penambahan pada formulir yang digunakan serta jaringan prosedur yang membentuk sistem. Hal ini diperlukan agar Nikone menjadi UKM yang lebih baik dan dapat memperluas pasar internasional hingga ke Indonesia melalui bantuan KBRI masing-masing negara.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/156/050801422
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 14 Jul 2008 16:06
Last Modified: 14 Jul 2008 16:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113554
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item