Pengaruh Biaya Bauran Promosi Terhadap Penjualan : Studi Kasus pada Hotel Pelangi Malang.

DewiMonaWidyanti (2008) Pengaruh Biaya Bauran Promosi Terhadap Penjualan : Studi Kasus pada Hotel Pelangi Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Promosi memegang peranan yang sangat penting dalam mengkomunikasikan produk atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Tujuan dari promosi adalah menginformasikan, mempengaruhi, serta mengingatkan konsumen sasaran tentang perusahaan (Tjiptono, 1997:221). Kegiatan promosi meliputi periklanan, personal selling, promosi penjualan dan publisitas yang semuanya merupakan alat-alat promosi yang disebut bauran promosi. Bagian pemasaran harus pandai-pandai memilih alat mana yang sesuai dengan jenis produk atau jasa dan keadaan perusahaan, karena masing-masing alat dalam promosi memiliki karakteristik yang berbeda yang memiliki kekurangan dan kelebihan, hal ini menuntut diperlukannya kreatifitas dan manajemen yang tepat agar promosi yang dilakukan perusahaan efektif. Hotel Pelangi Malang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa perhotelan. Hotel Pelangi Malang tidak terlepas dari kegiatan penjualan yang memerlukan suatu promosi untuk meningkatkan penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh biaya promosi secara bersama-sama terhadap penjualan di Hotel Pelangi Malang, serta untuk mengetahui variabel yang paling dominan pada biaya promosi berpengaruh terhadap penjualan di Hotel Pelangi Malang. Dalam rangka pemecahan masalah yang ada digunakan landasan teori diantaranya menguraikan lebih dahulu bauran promosi, serta pengaruh bauran promosi terhadap penjualan. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Explanatory Research menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa dengan studi kasus pada Hotel Pelangi Malang. Konsep penelitian ini terdiri dari konsep bauran promosi dan konsep penjualan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengujian instruyen penelitian dan uji hipotesis. Dalam menguji hipotesis digunakan analisa regresi berganda, uji F dan uji t. Dari hasil analisa uji F menyatakan bahwa variabel anggaran yang terdiri atas biaya periklanan (X1), biaya promosi penjualan (X2), biaya personal selling (X3) dan biaya publisitas (X4) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil penjualan. Berdasarkan hasil perhitungan uji F diperoleh nilai F hitung = 14,041 dengan sig.F = 0,006. Hasil uji t menyatakan bahwa variabel biaya promosi penjualan (X2) dan biaya personal selling (X3) merupakan variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap penjualan sedangkan variabel biaya periklanan (X1) dan biaya publisitas (X4) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penjualan. Koefisien B dari variabel biaya promosi penjualan (X2) adalah 383,881. Koefisien B dari variabel biaya promosi penjualan (X2) adalah paling besar, artinya kontribusi relatif dari biaya promosi penjualan (X2) adalah dominan dibanding ketiga variabel anggaran lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/144/050801250
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Apr 2008 10:16
Last Modified: 22 Oct 2021 07:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113541
[thumbnail of 050801250.pdf]
Preview
Text
050801250.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item