analisis pemanfaatan internet marketing sebagai salah satu pendukung strategi pemasaran produk : studi kasus pada PT. Toko Mesin Maksindo, Malang.

DwiJaluJatiPurnanto (2008) analisis pemanfaatan internet marketing sebagai salah satu pendukung strategi pemasaran produk : studi kasus pada PT. Toko Mesin Maksindo, Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dengan jangkauan global internet serta kemampuan untuk melakukan dialog interaktif secara elektronik, internet marketing menawarkan banyak peluang keuntungan yang dapat di raih oleh perusahaan besar dan kecil. Sebuah situs web yang dibuat dan dipromosikan dengan baik akan dapat menjangkau pasar nasional dan internasional dengan biaya yang relatif lebih murah, sehingga perusahaan dapat menawarkan produk atau jasanya kepada ribuan atau bahkan ratusan ribu pelanggan di berbagai belahan dunia secara otomatis, lebih mudah dan lebih cepat. Dalam hal ini PT. TOKO MESIN MAKSINDO telah menerapkan penggunaan internet marketing secara baik sebagai salah satu sarana utama untuk mendukung strategi pemasaran produknya, serta mendukung pelaksanaan strategi pemasaran kepada konsumennya. Melalui website yang dibuat dan dipromosikan dengan baik, www.tokomesin.com kini telah dikenal hingga ke luar negeri. Beberapa faktor yang mendukung pemanfaatan internet sebagai sarana pemasaran antara lain: produk perusahaan bersifat unik, internet memberikan target pasar yang lebih jelas serta keinginan perusahaan untuk memperluas pasar hingga keluar negeri. Sedangkan beberapa faktor yang menghambat pemanfaatan internet sebagai media pemasaran antara lain: kurangnya ketersediaan karyawan yang memiliki keahlian untuk memasarkan dan me-maintenance website serta belum tersedianya online customer service khusus yang bertugas secara kontinu di www.tokomesin.com. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Tahapan-tahapan yang dilakukan adalah menggambarkan subsistem informasi yang berhubungan dengan transaksi pemasaran perusahaan kemudian menganalisa masalah dan alternatif solusi. Secara umum, perusahaan telah melakukan langkah yang tepat dengan memanfaatkan internet untuk memasarkan produknya, namun akan lebih baik lagi jika perusahaan berkenan mempekerjakan karyawan khusus yang bertanggungjawab untuk menangani masalah operasional pemasaran dan maintenance website perusahaan, serta memiliki online customer service sendiri. Selain itu, akan lebih baik jika perusahaan dapat melakukan spesialisasi terhadap jenis mesin tertentu. Pemanfaatan jasa konsultan sebaiknya juga dipertimbangkan untuk memperbaiki serta mengembangkan strategi pemasaran situs web perusahaan ke level yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/138/050801214
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Apr 2008 15:28
Last Modified: 22 Oct 2021 06:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113534
[thumbnail of 050801214.pdf]
Preview
Text
050801214.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item