Penggunaan Analisis Kontribusi Margin, Differential Parsial dan Daya serap Produk Dalam Rangka Maksimalisasi Laba Melalui Penentuan Sales Mix yang Optimal.

IkaMidyaSanti (2008) Penggunaan Analisis Kontribusi Margin, Differential Parsial dan Daya serap Produk Dalam Rangka Maksimalisasi Laba Melalui Penentuan Sales Mix yang Optimal. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan merupakan alat strategis yang digunakan sebagai sarana untuk mengelola sumber ekonomi yang terbatas untuk memperoleh laba atau profit yang semaksimal mungkin. Pengambilan keputusan dalam rangka maksimalisasi laba pada perusahaan multiproduk dipengaruhi oleh tingkat komposisi penjualan produk-produk yang dihasilkan perusahaan. Semakin optimal komposisi penjualan maka semakin maksimum tingkat laba yang diterima perusahaan. Salah satu metode yang dinilai cukup efektif untuk mencapai komposisi penjualan paling optimal agar laba yang diterima perusahaan maksimum adalah dengan menggunakan analisis kontribusi margin, differential partial dan daya serap produk. Penggunaan analisis kontribusi margin adalah menggeser atau mengurangi proporsi penjualan dari produk yang memiliki kontribusi rendah dan ditambahkan pada produk yang memiliki kontribusi tinggi berdasarkan perkiraanperkiraan. Analisis differential partial dan daya serap produk membantu memudahkan analisis kontribusi margin dalam menentukan pada titik berapa dari setiap jenis produk yang harus diproduksi. Tujuan dari penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui penerapan analisis kontribusi margin, differential partial, dan daya serap produk dalam memaksimalkan laba yang diperoleh perusahaan kacang shanghai ”Gangsar”. Kedua untuk mengetahui besarnya komposisi penjualan optimal masing-masing produk sekaligus mampu diserap pasar agar perusahaan dapat mencapai tingkat laba maksimum. Permasalahan paling utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui komposisi penjualan perusahaan serta upaya apa yang masih dapat dilakukan agar perusahaan mencapai komposisi paling optimal sehingga menghasilkan tingkat laba maksimum. Dalam hal ini peneliti diharapkan dapat memahami dengan lebih mendalam setiap fokus yang yang diteliti, sehingga metode penelitian yang dapatdigunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan menentukan komposisi penjualan produk-produknya hanya berdasarkan permintaan pasar. Hal ini menyebabkan perusahaan cenderung terjebak dengan tingkat penjualan besar padahal laba yang dihasilkan lebih kecil. Agar perusahaan tidak terjebak dalam penjualan besar dengan laba lebih kecil ada beberapa hal yang harus diperhatikan perusahaan. Pertama, dalam menentukan komposis penjualan perusahaan harus memperhatikan hubungan antara biaya variabel dan penjualan yaitu apakah hubungan tersebut berbentuk linear atau non linear. Kedua, berdasarkan analisis kontribusi margin, differential partial dan daya serap produk bahwa peningkatan penjualan dibatasi dengan adanya daya serap pasar terhadap produk perusahaan sehingga komposisi penjualan optimal adalah permintaan pasar tersebut. Laba penjualan masih dapat ditingkatkan dengan meningkatkan penjualan produk yang berpotensi meningkatkan laba (kacang shanghai dan kacang telur) dengan memperluas pemasarannya atau merangsang permintaan pasar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/129/050801095
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Apr 2008 09:40
Last Modified: 22 Oct 2021 06:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113525
[thumbnail of 050801095.pdf]
Preview
Text
050801095.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item