Analisis Penerapan Tax Planning Sebagai Salah Satu Upaya Penghematan Pajak Penghasilan (PPh) Badan : Studi pada PT. Varia Usaha Beton waru-Sidoarjo.

IkaRachmawati (2008) Analisis Penerapan Tax Planning Sebagai Salah Satu Upaya Penghematan Pajak Penghasilan (PPh) Badan : Studi pada PT. Varia Usaha Beton waru-Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pajak merupakan sumber utama penerimaan negara disamping penerimaan dari sumber migas dan non migas. Melalui sektor perpajakan diharapkan masyarakat turut berperan aktif dalam upaya memperlancar pembangunan nasional. Pajak adalah pembayaran (pengalihan) sebagian harta kekayaan yang dimiliki oleh masyarakat kepada negara yang dapat dipaksakan berdasarkan undang-undang, namun pembayarnya tidak mendapatkan suatu balas jasa secara langsung, yang digunakan untuk membiayai pengeluaran negara guna meningkatkan kualitas dan kesejahteraan masyarakat. Salah satu alternatif peningkatan penerimaan pajak adalah PPh. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk meminimalkan beban pajaknya, salah satunya adalah tax planning atau perencanaan pajak. Penyusunan perencanaan pajak bertujuan agar perusahaan dapat melaksanakan kewajiban perpajakan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku. Perencanaan pajak bisa meningkatkan efisiensi pengelolaan pajak dan mendapatkan alternatif terbaik dalam hal penghematan pajak yang tidak melanggar ketentuan dan peraturan yang berlaku.Dalam penerapannya, tax planning dapat digunakan oleh perusahaan untuk menghemat Pajak Penghasilan (PPh). Tujuan penelitian ini adalah: (1). Untuk mengetahui penerapan tax planning yang telah dilakukan oleh PT. Varia Usaha Beton untuk mennghemat PPh Badan dan (2). Untuk mengetahui hasil yang diperoleh PT. Varia Usaha Beton dari tax planning yang telah dilakukan. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tax planning yang telah dilakukan oleh perusahaan serta upaya-upaya yang masih dapat dilakukan untuk meminimalkan beban pajak penghasilan yang harus dibayarkan perusahaan kepada pemerintah, dimana peneliti diharapkan dapat memahami keadaan yang terbatas jumlahnya, dengan fokus yang mendalam dan rinci, sehingga metode penelitian yang dapat digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Tahapan-tahapan dalam analisis data adalah sebagai berikut: (1). Menghitung laba komersial dan fiskal, (2). Menganalisis biaya-biaya non fiskal agar dapat menjadi biaya fiskal, (3). Menerapkan strategi perencanaan pajak untuk pembayaran pajak penghasilan, (4). Menyimpulkan atas penghitungan pajak penghasilan sebelum dan sesudah dilakukan perencanaan pajak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa PT. Varia Usaha Beton sudah melakukan tax planning dengan baik, akan tetapi masih terdapat beberapa hal yang dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi perusahaan dalam melakukan tax planning. Pertama, yaitu dengan memaksimalkan biaya-biaya yang tidak dapat dikurangkan untuk bisa menjadi biaya yang dapat dikurangkan. Kedua, dengan mempertimbangkan leasing sebagai salah satu bentuk pengadaan aktiva tetap dalam upaya perencanaan pajak perusahaan. Dengan perencanaan pajak, perusahaan akan memperoleh penghematan pajak penghasilan yang harus dibayarkan kepada pemerintah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/128/050801094
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Apr 2008 09:31
Last Modified: 22 Oct 2021 06:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113524
[thumbnail of 050801094.pdf]
Preview
Text
050801094.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item