Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian : Survei Pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Pengguna Kartu CDMA Prabayar Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

RoiFitraH (2008) Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian : Survei Pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Pengguna Kartu CDMA Prabayar Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penemuan Code Division Multi Accsess (CDMA) adalah merupakan tonggak sejarah perkembangan teknologi telekomunikasi dari sebuah perusahaan di Amerika Serikat yaitu Qualcomm pada awal tahun 1990.. Di Indonesia, penggunaan telepon seluler semakin meningkat seiring dengan perkembangan harga telepon seluler yang semakin murah dan peluncuran kartu CDMA prabayar dengan segala fasilitas yang ditawarkan. Menerapkan atribut produk yang sesuai terdiri dari merek, harga, mutu, label, dan pelayanan adalah beberapa variabel yang harus ditanggapi serius oleh provider kartu CDMA prabayar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara atribut produk terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap kartu CDMA prabayar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori (explanatory research) yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah variabel merek (X1), variabel harga (X2), variabel mutu (X3), variabel label (X4), variabel pelayanan (X5). Variabel terikatnya adalah Proses Keputusan Pembelian Konsumen (Y). Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa program strata-1 Jurusan Administrasi Bisnis angkatan 2004/2005 dan 2005/2006 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang pengguna kartu CDMA prabayar dengan jumlah populasi 80 orang responden dan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan e sebesar 10%, sehingga didapat jumlah sampel sebesar 44 orang responden.. Teknik pengambilan sampel dengan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berisikan sumber data yang terdiri dari data primer dan data sekunder, metode pengumpulan data yang terdiri dari kuisioner dan wawancara serta instrumen penelitian yang terdiri dari kuisioner dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Dari hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa konsep atribut produk memiliki pengaruh secara simultan terhadap konsep keputusan pembelian dengan Fhitung sebesar 7.808 dengan probabilitas kesalahan sebesar 0,000 (p<0,05) sehingga Ho ditolak, serta memberikan kontribusi sebesar 50,7% terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Y), secara parsial variabel mutu (X3), variabel label (X4), variabel pelayanan (X5) menunjukkan pengaruh positif yang signifikan, sedangkan variabel merek (X1), variabel harga (X2) menunjukkan pengaruh positif yang tidak signifikan. Dari hasil penelitian, menunjukkan pelayanan mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian, saran kepada perusahaan agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan. Perusahaan juga jangan terjebak pada “perang tarif”, karena konsumen sekarang semakin cerdas dalam memilih produk yang akan digunakan, apalagi dengan banyaknya pilihan dan varian yang tersedia dipasaran. Memberikan mutu dan pelayanan yang terbaik, diharapkan akan meningkatkan pembelian konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/127/050801093
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Apr 2008 15:05
Last Modified: 22 Oct 2021 06:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113523
[thumbnail of 050801093.pdf]
Preview
Text
050801093.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item