ArfainiRositaNoor (2008) Analisis SWOT Sebagai Dasar Penentuan Strategi Perusahaan : Studi Kasus Pada Perumahan Bukit Cemara Tujuh, PT. Bumi Andhika Permai Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Semakin pesatnya perkembangan ekonomi dan pertumbuhan industri mendorong perusahaan -perusahaan Indonesia masuk ke dalam persaingan yang kompetitif. Intensitas persaingan merupakan kendala bagi perusahaan dalam mencapai tujuan, maka diperlukan strategi perusahaan yang integral di semua aspek manajemen perusahaan. Semua itu menuntut kemampuan perusahaan untuk cepat tanggap dalam menghadapi perubahan lingkungan baik internal maupun eksternal, dengan merancang dan mempersiapkan strategi yang tepat, guna mengatasi ancaman dan kelemahan serta mampu memanfaatkan peluang dan kekuatan yang dimiliki. Analisis SWOT adalah analisis terhadap lingkungan internal, yaitu analisis terhadap kondisi perusahaan itu sendiri untuk mengetahui strengths dan weaknesses yang dimiliki oleh perusahaan serta analisis eksternal, yaitu analisis terhadap kondisi di luar perusahaan untuk mengetahui opportunities dan threats yang akan dihadapi perusahaan. Kondisi internal yang dianalisis adalah pemasaran, keuangan, produksi dan operasi, personalia, dan organisasi. Sedangkan kondisi eksternal yang dianalisis adalah lingkungan umum perusahaan, yaitu segmen demografis, ekonomi, politik/hukum, sosial budaya, dan teknologi, serta lingkungan industri perusahaan seperti ancaman pesaing baru, kekuatan posisi pemasok, kekuatan posisi pembeli, ancaman produk pengganti, dan persaingan antar perusahaan. Untuk mendukung analisis ini digunakan Matrik SWOT. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah lingkungan internal dengan variabel pemasaran, keuangan, produksi dan operasi, personalia, dan organisasi, serta lingkungan eksternal yang terdiri dari lingkungan umum dan lingkungan industri. Lokasi penelitian yang dipilih adalah Perumahan Bukit Cemara Tujuh, PT. Bumi Andhika Permai Malang. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data lingkungan eksternal dan lingkungan internal, Matrik Internal Exsternal (IE), Matrik SWOT, dan benchmarking. Hasil penelitian dengan menggunakan Matrik Internal External (IE) menunjukkan bahwa perusahaan perlu menerapkan strategi pertumbuhan melalui integrasi horizontal, yaitu dengan memperluas perusahaan dengan membangun di lokasi lain, dan meningkatkan jenis produknya baik rumah maupun fasilitasnya. Untuk benchmarking, Perumahan Bukit Cemara Tujuh, PT. Bumi Andhika Permai Malang masih kurang dalam kelengkapan fasilitas yang dimiliki dan kurangnya penggunaan teknologi informasi dalam promosinya. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa perusahaan diharapkan dapat bersaing dan meraih pasar yang lebih baik pada tahun-tahun mendatang, perusahaan mencari info sehubungan dengan perubahan lingkungan yang begitu cepat, meningkatkan kualitas di semua aspek internalnya serta melaksanakan strategi tepat secara terpadu dan menyeluruh disertai dengan kepemimpinan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2008/107/050800968 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 25 Mar 2008 10:41 |
Last Modified: | 15 Mar 2023 06:51 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113503 |
Text
ARFAINI ROSITA NOOR.pdf Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |