Analisis fundamental untuk menilai kewajaran harga saham perusahaan Go Public melalui Pendekatan Price Earning Ratio (PER) dan kaitannya dengan Keputusan Investasi : studi pada Perusahaan Telekomun

IndartiIndahOktaningrum (2008) Analisis fundamental untuk menilai kewajaran harga saham perusahaan Go Public melalui Pendekatan Price Earning Ratio (PER) dan kaitannya dengan Keputusan Investasi : studi pada Perusahaan Telekomun. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada banyaknya ketertarikan atas investasi dan saham Perusahaan Telekomunikasi yang listing (tercatat) di Bursa Efek Indonesia baik investor mapun calon investor. Ramainya bisnis di dunia telekomunikasi menjadikan investor tertarik untuk menginvestasikan modalnya pada perusahaan telekomunikasi dengan membeli saham perusahaan tersebut. Namun masalahnya dalam investasi saham investor harus pandai mencari saham perusahaan mana yang cocok untuk investasi dan apakah harga saham tersebut sudah wajar untuk dibeli atau tidak ? Penelitian ini disusun oleh penulis untuk membantu menyajikan salah satu alternatif untuk menganalisis harga saham mana yang harganya wajar sesuai Intrinsic Value-nya dengan pendekatan Price Earning Ratio (PER) dan keputusan apa yang sebaiknya diambil investor jika memiliki saham perusahaan tersebut atau ingin membelinya, sehingga jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang berupa laporan keuangan perusahaan. Penelitian ini menyarankan investor untuk menginvestasikan modalnya pada Perusahaan Telekomunikasi yaitu PT Indosat Tbk. karena harganya sedang undervalued atau nilai intrinsiknya diatas harga pasar. Ini akan sangat menguntungkan jika banyak investor yng menyadari hal ini dan menginvestasikan modalnya ke perusahaanperusahaan tersebut sehingga akan terjadi koreksi pasar yang memaksa harga sahamnya naikmendekati harga wajarnya. Sehingga investor akan mendapatkan keuntungan dari capital gain dari selisih penjualan saham jika harganya sudah naik. Namun dari penelitian ini juga investor mendapat masukan untuk menghindari menginvestasikan modalnya pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. dan sesegera mungkin menjual saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. yang dimiliki dengan alasan keuntungan dari capital gain penjualan saat harganya overvalued atau harga intrinsiknya dibawah harga pasarnya, karena akan merugikan jika tetap menahan saham perusahaan tersebut. Selain itu analisis PER dengan membandingkan dari rata-rata industrinya juga merupakan alternaltif untuk menilai pantaskah perusahaan tersebut untuk menjadi tujuan investasi jika dibandingkan dengan perusahaan pesaingnya dalam satu sektor industri. Peneliti mengharapkan dari penelitian ini akan memberikan sebuah pertimbangan dalam melakukan sebuah investasi bagi investor dan calon investor, karena analisis fundamental merupakan dasar dan saling menunjang dengan analisis teknikal bagi pemilihan investasi khususnya pada saham.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/10/050800346
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2008 10:29
Last Modified: 22 Oct 2021 04:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113495
[thumbnail of 050800346.pdf]
Preview
Text
050800346.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item