Analisis Penerapan Just In Time System Dalam Usaha Meningkatkan Efisiensi Biaya Produksi : Studi Kasus Pada PT. Tlogomas Engineering Plastik Malang.

DianEkarinaTasa (2007) Analisis Penerapan Just In Time System Dalam Usaha Meningkatkan Efisiensi Biaya Produksi : Studi Kasus Pada PT. Tlogomas Engineering Plastik Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Upaya peningkatan efisiensi operasi produksi melalui pemilihan sistem produksi yang tepat menjadi kunci kesuksesan bagi semua perusahaan. Seperti halnya temuan baru dalam teknologi proses produksi salah satunya adalah Just In Time System yang akan mempertajam persaingan. Just In Time system akan memberi alternatif bagi perusahaan untuk dapat mengurangi atau menghilangkan inefisiensi di berbagai bidang fungsional dalam rangka mendukung tujuan perusahaan. Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah, penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui apakah penerapan just in time system pada PT. Tlogomas Engineering Plastik Industri Malang dapat meningkatkan efisiensi biaya produksi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat studi kasus pada PT. Tlogomas Engineering Plastik Industri malang yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri plastik engineering. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahap yaitu melakukan analisis terhadap prestasi fasilitas dan pekerja. Dari hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan just in time system dapat meningkatkan efisiensi biaya produksi karena PT. Tlogomas Engineering Plastik Industri Malang sudah memenuhi karakteristik penerapan just in time system . Penerapan just in time system dapat menghasilkan beberapa efisiensi operasi dan biaya produksi produk tissue holder , diantaranya peningkatan produktivitas sebesar 5,3574%, penurunan waktu produksi sebesar 5,0864%, penurunan lead time produksi sebesar 5,0910%, penurunan biaya tenaga kerja langsung sebesar 5,0863% dan penurunan biaya pemakaian mesin langsung sebesar 5,0863%. Oleh karena itu, penulis memberikan saran agar perusahaan menjalankan produksi dengan seproduktif dan seefisien mungkin untuk mencapai kepuasan konsumen akan kualitas, biaya dan penyerahan dari produk yang dihasilkan. Just in time system bisa menjadi alternatif yang baik untuk mencapai hal tersebut, meskipun untuk itu memerlukan waktu yang tidak sedikit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/383/050703298
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Dec 2007 11:05
Last Modified: 22 Oct 2021 03:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113460
[thumbnail of 050703298.pdf]
Preview
Text
050703298.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item