Peranan public relations dalam mempublikasikan citra perusahaan : Kajian pada hotel Insumo Palace Kediri.

DwiRatnaKusumawati (2007) Peranan public relations dalam mempublikasikan citra perusahaan : Kajian pada hotel Insumo Palace Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peranan public relations sangat penting dalam mengembalikan citra perusahaan dengan cara mengkomunikasikan produk, fasilitas dan pelayanan. Untuk itu seorang public relations harus memiliki kejujuran, kecerdasan, sikap luwes dan dinamis, serta integritas yang tinggi sehingga dapat mendukung perkembangan untuk menyukseskan tugas pokoknya. Sejalan dengan perkembangan perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang perhotelan, tindakan yang diambil yaitu dengan koordinasi untuk mengadakan proses transfer dari antipati menjadi simpati terhadap Hotel Insumo Palace. Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui peranan public relations dalam rangka mempublikasikan citra Hotel Insumo Palace Kediri dikalangan masyarakat. 2). Untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan oleh public relations dalam rangka mempublikasikan citra perusahaan. 3).Untuk mengetahui hasil yang telah dicapai public relations dalam mempublikasikan citra perusahaan tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif, dengan tujuan untuk membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Fokus penelitian adalah 1). Peranan Public Relation Hotel Insumo Palace Kediri, yang difokus pada : a. Pendidikan dan jumlah karyawan hotel Insumo Palace Kediri dan b. Kegiatan public relations hotel Insumo Palace Kediri. 2). Upaya dalam Mempublikasikan Citra Perusahaan, difokuskan pada ; a. Metode Kerja public relations hotel Insumo Palace Kediri dan b. Upaya yang dilakukan public relations hotel Insumo Palace Kediri. 3). Jumlah pengunjung hotel Insumo Palace. Adapun model analisis data yang digunakan adalah model analisis intraktif, proses yang ditempuh dalam menganalisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fungsi dan peranan public relations serta kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam membentuk opini publik ( public opinion ) dan menciptakan citra ( image ) yang positif bagi perusahaan adalah sangat penting. Peranan tersebut dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan citra hotel, ditandai dengan meningkatnya jumlah pengunjung, yaitu 2005 jumlah pengunjung mengalami kenaikan sebesar 14.873 orang atau 13,33%, tahun 2006 kenaikan jumlah pengunjung sebesar 12.511 orang atau 9,89%. Menindak lanjuti hasil penelitian ini disarankan ; 1). Perlu dilakukan rencana dan evaluasi program-program public relations agar dapat mencapai hasil yang baik, dapat menghasilkan perkembangan luar biasa yang menjadi kenyataan atau realita dari sebuah kondisi pasar dunia perhotelan di kota Kediri yang notabene adalah kota kedua untuk ukuran sebuah kota yang sangat dipengaruhi oleh kondisi dan situasi ekonomi, politik, keamanan, bahkan pola penduduk setempat. Public relations harus menyusun dan menyampaikan rencana pemasaran Hotel Insumo Palace Kediri yang dapat dijadikan untuk acuan dalam pencapaian tujuan perusahaan dan pengembangan perusahaan secara konkret. 2). Perlu membangun citra perusahaan yang lebih baik maka Public Relation harus meningkatkan peranannya yaitu dengan meningkatkan opini dan image masyarakat terhadap citra hotel. Upaya yang dapat dilakukan antara lain dengan merencanakan dan melaksanakan program yang membangun citra perusahaan, seperti membantu dan meningkatkan program-program sosial kemasyarakatan, baik yang dilaksanakan oleh masyarakat, LSM, maupun pemerintah setempat. Karena dengan terlibatnya dalam kegiatan tersebut akan membawa manfaat dalam mempublikasikan citra perusahaan yang lebih baik dimata masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/335/050702890
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Nov 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 03:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113448
[thumbnail of 050702890.pdf]
Preview
Text
050702890.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item