Faktor-faktor internal yang mempengaruhi keputusan pembelian : survey pada konsumen Dealer Motor Suzuki Tlogomas Malang.

AuliahAsman (2007) Faktor-faktor internal yang mempengaruhi keputusan pembelian : survey pada konsumen Dealer Motor Suzuki Tlogomas Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama dan parsial antara konsep faktor-faktor internal yang terdiri dari variabel motivasi, persepsi, pembelajaran, gaya hidup, dan sikap terhadap struktur keputusan pembelian sepeda motor pada konsumen dealer motor Suzuki Tlogomas Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pengujian hipotesis bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama dan secara parsial antara variabel motivasi, persepsi, pembelajaran, gaya hidup, dan sikap terhadap variabel struktur keputusan pembelian sepeda motor. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesner dan mengambil sampel sebanyak 82 orang responden yang merupakan konsumen sepeda motor Suzuki membeli sepeda motornya di dealer motor Suzuki Tlogomas Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan regresi linear berganda dapat diketahui bahwa variabel motivasi, persepsi, pembelajaran, gaya hidup, dan sikap mampu menjelaskan struktur keputusan pembelian sepeda motor secara bersama-sama. Hal ini ditunjukkan oleh angka korelasi berganda (R) sebesar 0,716 dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,513 atau 51,3 %, yang menunjukkan bahwa variabel-variabel faktor internal dalam penelitian ini mempengaruhi struktur keputusan pembelian sepeda motor sebesar 51,3%% dan sisanya 48,7% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Dalam penelitian ini ditemukan pula bahwa diantara variabel bebas yang mempunyai pengaruh dominan adalah variabel persepsi yang ditunjukkan dengan t-hitung sebesar 4,235 dan koefisien determinasi parsial sebesar 0,191 yang berarti bahwa kontribusi variabel persepsi terhadap struktur keputusan pembelian sepeda motor Suzuki adalah sebesar 19,1% Hasil yang dicapai dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kajian tentang faktor-faktor internal dan keputusan pembelian konsumen pada dealer motor Suzuki Tlogomas Malang sesuai dengan dasar-dasar teoritis. Atas hasil yang dicapai disarankan kepada pihak dealer motor Suzuki Tlogomas Malang untuk tetap memperhatikan faktor-faktor internal yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian agar konsumen tetap dan selalu berkeinginan untuk melakukan pembelian, serta menggali secara terperinci faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini mengingat besarnya kontribusi variabel faktor internal terhadap struktur keputusan pembelian dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/329/050702885
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Oct 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 03:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113443
[thumbnail of 050702885.pdf]
Preview
Text
050702885.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item