BandangSatrio (2007) Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Menggunakan Produk Fren : Survei pada Mahasiswa Faklutas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Pengguna Produk Fren. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Teknologi telepon seluler merupakan salah satu teknologi terkini yang sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Teknologi ini memungkinkan manusia berkomunikasi dengan data, suara maupun gambar dengan berbasis akses tanpa kabel dengan jangkauan yang sangat luas. Operator-operator telepon seluler makin banyak bermunculan dengan mengusung teknologi-teknologi canggih untuk memudahkan pelanggannya. Operator-operator ini mulai bersaing untuk menarik konsumen mulai dari tawaran fitur baru, diskon khusus, pelayanan ekstra dan sebagainya. Salah satu cara yang paling efektif untuk menjual suatu produk dan menarik konsumen adalah promosi. “Promosi sangat penting untuk memperkenalkan produk dan mempercepat diterimanya produk di pasar. Namun juga perlu diketahui bahwa promosi merupakan strategi komunikasi dari perusahaan yang tidak saja ditujukan pada konsumen (pasar sasaran), namun juga pada saluran distribusi dan masyarakat luas” (Kotler:2000). Persaingan para operator telepon seluler dalam menarik pelanggan juga menuntut produsen mencari konsep promosi yang lebih kreatif lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh bauran promosi terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan produk Fren. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode explanatory . Penelitian ini berusaha menyoroti pengaruh antara variabel-variabel penelitian dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sekaligus memberikan gambaran tentang pengaruh bauran promosi terhadap keputusan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran promosi yang dilakukan oleh PT. Mobile-8 dengan produknya Fren secara bersama-sama berpengaruh sebesar 37,7% terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan produk Fren. Variabel promosi penjualan merupakan variabel yang paling berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen untuk menggunakan produk Fren. Hal ini terlihat dari koefisien regresi (b) yang paling besar dengan pengaruh sebesar 27,1%. Sedangkan variabel penjualan pribadi dan hubungan masyarakat serta publikasi secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan produk Fren. Kesimpulan yang dapat diperoleh adalah program bauran promosi yang diterapkan oleh PT. Mobile-8 sudah memenuhi harapan, namun masih memerlukan banyak pembenahan. Ide-ide kreatif perlu lebih banyak dipikirkan untuk menambah ciri khas dalam melakukan program-program dalam bauran promosi. Hal ini perlu dilakukan dalam setiap elemen yang digunakan tidak tertutup kemungkinan juga pada elemen promosi penjualan yang memiliki pengaruh yang paling besar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2007/327/050702883 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 24 Oct 2007 00:00 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 03:33 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113442 |
Preview |
Text
050702883.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |