Inovasi Produk Dalam Upaya Meraih Keunggulan Bersaing. : Studi Kasus pada Perusahaan Tegel Indah Cemerlang, Singosari, Malang.

DyahAyuWulansari (2007) Inovasi Produk Dalam Upaya Meraih Keunggulan Bersaing. : Studi Kasus pada Perusahaan Tegel Indah Cemerlang, Singosari, Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Semakin majunya teknologi dan tingkat persaingan yang tinggi dalam menawarkan produk mendorong perusahaan untuk dapat menciptakan produk baru yang inovatif yang mampu memberikan nilai lebih bagi kepuasan konsumen. Saat ini permasalahan tidak hanya bagaimana perusahaan mempertahankan eksistensi dan kelangsungan hidupnya, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana dapat menawarkan produk inovatif sehingga dapat meraih keunggulan bersaing dalam pasar yang penuh persaingan. Inovasi produk adalah kebaruan yang ada pada produk yang dihasilkan dan belum pernah dilakukan sebelumnya. Inovasi produk ini dilakukan dalam upaya meraih keunggulan bersaing. Perusahaan Indah Cemerlang melakukan inovasi produk pada produk paving stone, yaitu dari segi bahan pembuatnya yang memakai fly ash. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi inovasi produk yang dilakukan perusahaan dan untuk mengetahui serta menjelaskan strategi inovasi yang dilakukan perusahaan dalam upaya meraih keunggulan bersaing. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan wawancara. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan menggunakan analisis Strength, Weakness, Opportunity, Threats (SWOT). Berdasarkan analisis SWOT yang dilakukan pada Perusahaan Indah Cemerlang dapat diketahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman sehingga dapat ditentukan strategi yang sesuai bagi perusahaan, yaitu strategi inovasi dan strategi pertumbuhan terkonsentrasi. Keunggulan bersaing Perusahaan Indah Cemerlang terlihat dari daerah pemasaran, ragam produk, dan harga yang terjangkau. Selain itu pangsa pasar yang dikuasai perusahaan sebesar 55 % dari seluruh market share industri sejenis yang berada di wilayah Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2007/326/050702882
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Oct 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 03:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113441
[thumbnail of 050702882.pdf]
Preview
Text
050702882.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item